Solo (ANTARA) - Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menambah lima guru besar menjelang Dies Natalis ke-47 tahun ini.

Sekretaris Senat Akademik UNS Ari Handono Ramelan di Solo, Jawa Tengah, Senin mengatakan lima guru besar tersebut akan dikukuhkan oleh Rektor UNS Jamal Wiwoho di Auditorium GPH Haryo Mataram, Selasa (7/3).

Lima guru besar tersebut yaitu Albertus Sentot Sudarwanto yang akan menjadi Guru Besar Bidang Ilmu Hukum pada Fakultas Hukum (FH) UNS. Sentot akan menjadi Guru Besar ke-10 FH dan ke-255 UNS. Dalam sidang pengukuhannya, ia akan membacakan pidato pengukuhan dengan judul Model Imbal Jasa Lingkungan Berbasis Kontraktual Sebagai Bentuk Tanggung Jawab Perdata.

Selanjutnya, ada Agus Purwantoro yang menjadi Guru Besar Bidang Ilmu Penciptaan Performance Art Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) UNS. Agus dinobatkan sebagai guru besar ke-3 FSRD dan ke-256 UNS. Dalam sidang pengukuhannya ia akan membacakan pidato pengukuhan dengan judul Eksplorasi Kreatif dan Identitas Karakter Dalam Seni Rupa Kontemporer Indonesia.

Guru besar ketiga berasal dari Fakultas Teknologi Informasi dan Sains Data (FATISDA) UNS, yakni Bambang Harjito. Bambang akan dikukuhkan sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Kriptografi dan Keamanan Informasi.

Ia mengatakan Bambang yang saat ini menjabat sebagai Kepala UPT Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) merupakan guru besar pertama FATISDA dan ke-257 UNS.

"Dalam pengukuhan besok Prof Bambang akan membacakan pidato dengan judul Keamanan Informasi Menggunakan Kriptografi Deoxyribo Nucleic Acid (DNA) berbasis Nth Degree Truncated Polynomial Ring Units (NTRU) Kriptosistem pada Cyber Space," katanya.

Baca juga: Guru besar Unair temukan senyawa tanaman obat antikanker dan DBD

Guru besar keempat yang akan dikukuhkan yakni Rahmanu Widayat yang berasal dari FSRD. Rahmanu akan dikukuhkan sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Estetika. Nantinya Dekan FSRD ini akan menjadi guru besar ke-4 FSRD dan ke-258 UNS.

Pada pengukuhannya Rahmanu akan membacakan pidato pengukuhan dengan judul Estetika Rupa Jawa Dalam Konstelasi Seni Timur Dan Barat.

Sedangkan guru besar kelima yakni Danar Praseptiangga yang akan dikukuhkan sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Pangan pada Fakultas Pertanian (FP) UNS. Danar merupakan Guru Besar ke-38 FP dan ke-259 UNS.

Untuk judul pidato yang akan dibacakan oleh Danar pada pengukuhannya yakni Pengembangan Pangan Fungsional dan Pengemas Pangan Berkelanjutan Berbasis Sumber Daya Alam Indonesia.

Sementara itu, Ari berharap dengan bertambahnya lima guru besar tersebut dapat memberikan kontribusi yang luar biasa untuk UNS, masyarakat, bangsa, dan negara.

Senada, Jamal Wiwoho berharap penambahan lima guru besar baru tersebut makin penguatkan UNS menuju World Class University (WCU).

"Semoga ini dapat memotivasi dosen-dosen lain untuk segera menjadi guru besar. Saya senang dan bangga dengan bertambahnya lima guru besar baru, semoga mampu meningkatnya mutu UNS sebagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) berkelas dunia," katanya.***3***

Baca juga: UIN Ar Raniry Aceh kukuhkan tujuh guru besar baru
Baca juga: Unair tambah lima guru besar baru

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2023