Jakarta (ANTARA) - Juru Bicara Pemerintah, Reisa Broto Asmoro mengimbau masyarakat bahwa kebersihan dalam mengelola daging unggas untuk dikonsumsi merupakan kunci utama untuk mencegah stunting pada anak dan flu burung.

“Perlu diingat kebutuhan asupan protein hewani memang penting untuk mencegah stunting, dari mulai hamil sampai 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK). Tapi, protein juga tetap dibutuhkan oleh orang dewasa,” kata Reisa dalam Siaran Sehat yang diikuti di Jakarta, Senin.

Reisa yang juga sebagai Duta Adaptasi Kebiasaan Baru itu menuturkan bahwa protein hewani bisa didapat dengan harga yang terjangkau, yakni dengan mengkonsumsi pangan lokal, misalnya telur, ikan dan daging unggas seperti ayam dan bebek.

Baca juga: Reisa: Stunting merupakan kondisi pada anak yang bisa dicegah

Sayangnya, dengan ditemukannya kasus flu burung di Indonesia akibat ada infeksi dari virus H5N1, tata konsumsi daging unggas harus lebih diperhatikan terutama sejak daging tersebut dibeli di pasar atau supermarket.

Ketika memilih daging, Reisa menyarankan setiap anggota keluarga untuk memilih daging yang sehat dan fresh (masih baru) dan bersih. Disarankan untuk tidak membeli daging yang berwarna terlalu pucat dan mempunyai aroma menyengat yang berlebihan.

Masyarakat dapat mengganti pilihannya, jika kulit pada daging terasa terlalu lembut atau lembek yang disertai dengan lendir.

Sebaliknya, jika daging yang dibeli berbentuk makanan kemasan, Reisa mengimbau agar semua pihak memastikan dengan cermat bila tanggal kedarluwasa konsumsi produk tersebut masih lama.

Kemudian, setibanya di rumah, pastikan bahwa daging disimpan dalam lemari pendingin (freezer) jika tidak akan dikonsumsi saat itu juga.

“Semisal mau disimpan di lemari pendingin tidak perlu dibersihkan dulu. Kalau mau dimasak baru dicuci. Kemudian pastikan penyimpanannya betul, kalau di freezer bisa bertahan lebih lama, tapi kalau di kulkas biasa mungkin hanya dua sampai tiga hari saja,” katanya.

Reisa mengatakan jika daging ingin dikonsumsi, masyarakat bisa mencucinya terlebih dahulu agar terhindar dari bakteri yang ada pada daging seperti bakteri salmonella. Untuk memasaknya pun, harus dipastikan jika daging dimasak setidaknya dalam suhu 70 derajat Celcius.

Ia meminta setiap pihak dapat memastikan bahwa daging yang dimasak tidak menyisakan bagian berwarna merah muda, sehingga lebih aman dikonsumsi dan lebih sehat.

Baca juga: Reisa: Kesehatan ibu tanggung jawab bersama anggota keluarga

Baca juga: Kemenkes: Risiko infeksi Flu Burung ke manusia masih rendah


“Pastikan juga ketika mau memasak itu benar-benar harus matang terutama untuk unggas. Selain kita harus pastikan untuk flu burung, kita juga harus pastikan dia bebas dari bakteri berbahaya lainnya,” ujarnya.

Ia menambahkan untuk peralatannya, masyarakat juga harus memastikan, baik pisau maupun talenan yang digunakan untuk mengolah daging unggas yang masih mentah, dipisahkan penggunaannya dengan peralatan yang dipakai untuk mengolah makanan yang dikonsumsi langsung seperti buah dan sayur.

“Jangan lupa pastikan jaga kebersihan habis membersihkan daging, kita cuci tangan lagi pakai sabun. Kemudian, ketika mau handling perawatan makan harus cuci pakai sabun juga. Bedakan pengolahan daging mentah dengan sayur dan buah supaya tidak ada terkontaminasi dari bakteri atau virus yang ada di unggas,” ucapnya.

Pewarta: Hreeloita Dharma Shanti
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023