Makassar (ANTARA) - Perusahaan platform digital Go-Jek meluncurkan Koleksi Juara Lokal GoFood khusus kuliner dengan mengakomodir 350 Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang ada di Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

"Ini merupakan komitmen kami untuk mendorong pertumbuhan terbaik bagi UMKM sekaligus bagian dari inovasi yang terus kami kembangkan sejalan dengan kebijakan strategis Pemerintah Kota sesuai tagline Makassar Kota Enak," papar District Head Gojek Sulawesi, Daru Puji Utomo di rumah makan Ati Raja Makassar, Selasa.

Menurutnya, inovasi Go-jek tersebut juga mendapat dukungan penuh Dinas Pariwisata Makassar demi mempopulerkan branding Makassar Kota Makan Enak yang belum lama ini diluncurkan.

Sebagai tahap awal, kata Daru, 350 merchat UMKM kuliner lokal ini telah di kurasi sesuai kriteria yang ditentukan dan tidak menutup kemungkinan jumlahnya akan bertambah, seiring masuk bulan Ramadhan tentu masyarakat akan mencari makanan berbuka puasa.

"Untuk pendaftran bagi UMKM yang baru tidak dipungut biaya alias gratis. Pendaftaran bisa membuka aplikasi GoFood dan mengikuti tata caranya," kata Daru.

Hal senada disampaikan Head of Regional Corporate Affairs Gojek Indonesia Timur, Guntur Arbiansyah menjelaskan ada tiga kriteria bagi UMKM yang diakomodir masuk dalam Koleksi Juara Lokal GoFood. Pertama, kuliner khas Makassar atau memang UMKM lokal. Kedua, memiliki pertumbuhan bisnis yang baik dan ketiga, memiliki keunikan pada kulinernya.

Hadirnya inovasi Koleksi Juara Lokal GoFood, tambah dia, guna mendukung pertumbuhan dan perkembangan UMKM di penghujung Pandemi COVID-19. Sejauh ini, merchant yang masuk ekosistem GoFood terus meningkat hingga 54 persen atau pertumbuhannya di akhir 2022 mencapai 1 jutaan UMKM.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pariwisata Kota Makassar Mohammad Roem menyambut baik inovasi Go-Jek yang memberikan ruang serta akses bagi penjualan kuliner UMKM untuk memasarkan produknya langsung ke caloan pembeli.

"Go-jek adalah yang pertama melakukan inisiatif mendukung branding Makassar Kota Makan Enak. Sistemnya, mengklaster 350 UMKM ini dalam satu benner untuk diklik calon pembeli dan di situ ada ratusan kuliner. Inovasi ini mempermudah orang menikmati kuliner," katanya menambahkan.

Pewarta: M Darwin Fatir
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2023