Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengatakan, keterlibatan produk lokal sebagai "merchandise" resmi Piala Dunia U-20 2023 adalah sebuah terobosan penting untuk menyemarakkan turnamen bergengsi tersebut di Indonesia.

"Dengan demikian, peluncuran 'merchandise' 'Juara' adalah bagian dari semangat untuk memeriahkan 'event' terbesar kedua FIFA yaitu Piala Dunia U-20 2023," ujar Erick, diunggah di laman PSSI, Rabu.

"Juara" adalah jenama dari perusahaan lokal PT. Juara Raga Adidaya (JUARAGA) yang menjadi pemegang lisensi resmi Piala Dunia U-20 2023.

Untuk Piala Dunia U-20 2023, JUARAGA membuat 53 jenis barang suvenir resmi meliputi kaus, celana, jaket, seragam (jersey), topi, sandal, maskot, hiasan magnet, gantungan kunci, stiker dan lain-lain.

Benda-benda tersebut dihasilkan dari 95 persen bahan baku lokal.

Baca juga: Erick Thohir: Pemasaran produk resmi sokong Piala Dunia U-20

JUARAGA pun melibatkan UMKM sebagai mitra produksi untuk menghasilkan produk-produk tersebut. Namun, CEO Juara Mochtar Sarman memastikan semua produk mereka berstandar internasional.

"Saya berterima kasih kepada FIFA dan PSSI yang telah memercayakan dan menunjuk kami sebagai produsen 'merchandise' resmi Piala Dunia U-20 2023," kata Mochtar.

Sementara itu, Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengingatkan pula bahwa Piala Dunia U-20 2023 adalah kompetisi internasional yang mendapatkan perhatian luas lantaran kerap menelurkan bintang-bintang sepak bola terbaik di muka bumi.

Baca juga: Pemerintah jamin keamanan tim Piala Dunia U-20 termasuk Israel

Nama-nama ternama seperti Maradona, Lionel Messi, Paul Pogba, Erling Haaland dan Sergio Aguero merupakan jebolan Piala Dunia U-20.

"Jadi jangan terkejut kalau nanti di Piala Dunia U-20 2023 banyak klub yang mengirimkan pencari bakatnya. Di situ juga menjadi kesempatan agar tim nasional Indonesia bisa dipantau dan dilihat," tutur pria yang juga Menteri BUMN itu.

Piala Dunia U-20 2023 akan dilaksanakan di Indonesia pada 20 Mei-11 Juni 2023.

Sampai saat ini, sudah ada 20 negara, dari total 24, yang dipastikan tampil di Piala Dunia U-20 2023 yaitu Indonesia, Republik Dominika, Guatemala, Honduras, Amerika Serikat, Fiji, Brazil, Uruguay, Kolombia, Ekuador, Selandia Baru, Inggris, Prancis, Israel, Italia, Slovakia, Gambia, Nigeria, Senegal dan Tunisia.

Baca juga: PSSI: Timnas U-20 tunjukkan progres pada tiga laga grup Piala Asia

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023