Karnaval Batik Besurek ini dilaksanakan untuk memperingati HUT ke-304 Kota Bengkulu.
Kota Bengkulu (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu menggelar Karnaval Batik Besurek yang diikuti oleh ratusan pelajar tingkat SD dan SMP serta organisasi perangkat daerah (OPD) di wilayah tersebut.
 
Wakil Wali Kota Bengkulu Dedi Wahyudi, di Kota Bengkulu, Kamis, mengatakan bahwa karnaval tersebut dilaksanakan untuk memperkenalkan Batik Besurek khas Bengkulu ke masyarakat luas khususnya di luar wilayah Bengkulu.
 
"Karnaval Batik Besurek ini dilaksanakan untuk memperingati HUT ke-304 Kota Bengkulu dan juga memperkenalkan Batik Besurek ke luar daerah," ujar dia.
 
Ia menyebutkan bahwa karnaval tersebut dilakukan, karena Batik Besurek menjadi simbol dan kebanggaan Kota Bengkulu dalam mengenalkan adat dan budaya kepada khalayak umum di tingkat nasional hingga internasional.
 
Selain itu, tujuan dilaksanakan karnaval batik untuk mempromosikan Batik Besurek, meningkatkan pemasaran produk, meningkatkan silaturahmi dan interaksi bisnis.
 
"Dengan partisipasi masyarakat diharapkan kain Batik Besurek semakin dikenal dan mendukung usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di daerah khususnya dalam pengembangan karya ekonomi kreatif," kata Dedi.
 
Pada Karnaval Batik Besurek tersebut, masyarakat dan siswa menampilkan Batik Besurek dalam pameran busana yang diarak melalui rute tersedia.
 
Para peserta melewati Masjid Agung At Taqwa Berendo, Kota Bengkulu melalui rute Simpang Lima Ratu Samban, menuju Jalan Suprapto, Simpang Jamik, kembali ke Bundaran Simpang Lima dan finish di Masjid Agung At Taqwa Berendo Kota Bengkulu.
 
Sedangkan para pelajar dan masyarakat mengenakan Batik Besurek yang dirias seindah mungkin dan diarak serta dipilih menjadi salah satu yang terbaik untuk menerima hadiah penghargaan dari Pemkot Bengkulu.
Baca juga: Karnaval Batik Besurek dihadiri sejumlah dubes negara sahabat

Pewarta: Anggi Mayasari
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023