Beijing (ANTARA/PRNewswire) -- Legislator terkemuka Tiongkok, Selasa lalu, mendorong Kongres Rakyat Nasional (National People's Congress/NPC) agar menegakkan dan meningkatkan sistem kongres rakyat, serta terus membenahi demokrasi rakyat dalam seluruh proses.

Li Zhanshu, Ketua Komite Tetap NPC Ke-13, mengatakan hal tersebut ketika menyampaikan laporan kerja di sesi pertama NPC Ke-14.

Demokrasi rakyat dalam seluruh proses merupakan salah satu model demokrasi sosialis yang mencakup seluruh aspek dari proses demokrasi, serta segenap lapisan masyarakat, menurut laporan resmi "China: Democracy That Works" yang dirilis Departemen Informasi Dewan Negara (State Council) Tiongkok pada 2021.

"Semangat kuat dan superioritas" NPC

NPC dan komite tetapnya selalu berkomitmen terhadap kepemimpinan Partai, posisi rakyat sebagai tuan di negeri sendiri, serta tata kelola pemerintahan yang berbasis pada hukum, menurut laporan tersebut.

Li menjelaskan, masa kerja Komite Tetap NPC Ke-13 selama lima tahun bertepatan dengan momen "perubahan besar dalam sejarah", tepatnya ketika upaya Partai dan negara mengalami kemajuan.

Membahas pencapaian terpenting Komite Tetap NPC selama lima tahun terakhir, Li menggarisbawahi konsep demokrasi rakyat dalam seluruh proses yang merangkum makna dasar, fungsi esensial, dan prinsip fundamental dari demokrasi sosialis di Tiongkok.

Pada 2021, rapat tingkat pusat tentang kongres rakyat berlangsung di Beijing. Di rapat ini, Presiden Tiongkok Xi Jinping, juga menjabat Sekretaris Jenderal Komite Sentral Partai Komunis Tiongkok (CPC), menyampaikan, demokrasi rakyat dalam seluruh proses di Tiongkok "tidak hanya memiliki rangkaian lembaga dan prosedur yang lengkap, namun juga partisipasi dan praktik menyeluruh."

"Demokrasi rakyat dalam seluruh proses merupakan bentuk demokrasi sosialis yang paling menyeluruh, asli, dan efektif," ujar Xi.

Di sisi lain, laporan kerja tersebut menilai, NPC Ke-13 memastikan implementasi Konstitusi secara utuh, serta menjunjung kewibawaan dan kemurnian konstitusi dalam masa kerja selama lima tahun.

Dalam lima tahun terakhir, sejumlah peningkatan telah dilakukan terhadap Konstitusi dan undang-undang terkait lainnya, seperti tercantum dalam laporan tersebut.

NPC juga mengesahkan amendemen Konstitusi, tepatnya ketika NPC memperjelas bahwa kepemimpinan Partai Komunis Tiongkok merupakan ciri khas dari sosialisme ala Tiongkok. Amandemen konstitusi ini juga menetapkan peran "Pemikiran Xi Jinping tentang Sosialisme dengan Karakteristik Tiongkok untuk Era Baru dalam Kegiatan Politik dan Sosial di Tiongkok" sebagai panduan.

Berpegang pada demokrasi rakyat dalam seluruh proses

Praktik yang berjalan selama lima tahun terakhir semakin meningkatkan pemahaman atas makna ilmiah, karakteristik dasar, serta syarat penting dari kongres rakyat, menurut laporan tersebut.

"Kita harus menjunjung tinggi kepemimpinan CPC, dan memastikan penerapan prinsip konstitusional, yakni kepemimpinan CPC merupakan ciri khas terpenting dari sosialisme dengan karakteristik Tiongkok," seperti tertulis dalam laporan tersebut.

Tahun 2023 merupakan tahun pertama Tiongkok untuk menerapkan prinsip panduan Kongres Nasional CPC Ke-20, menurut laporan tersebut.

Mengenai tugas Komite Tetap NPC pada tahun mendatang, laporan ini menggarisbawahi sejumlah hal, termasuk penegakan Konstitusi, menerapkan legislasi, memperkuat pengawasan kongres rakyat, serta meningkatkan tugas utusan NPC.


Source : CGTN

Press Contact

NARAHUBUNG: Jiang Simin, +86-188-2655-3286, cgtn@cgtn.com

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023