Aktivitas di Kecamatan Timpeh Lumpuh, air sudah masuk ke rumah warga, fasilitas pemerintah, sekolah, dan memutus akses jalan utama di Kecamatan Timpeh
Dharmasraya, Sumbar (ANTARA) - Banjir melanda sejumlah nagari (desa adat) di Kecamatan Timpeh, Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, menyusul tingginya curah hujan yang terjadi sejak Kamis (9/3) malam, yang diperkirakan menyebabkan ratusan rumah terendam.

"Banjir terjadi akibat hujan deras yang memicu meluapnya air Sungai Batang Timpeh," kata Camat Timpeh Riski Rulien Putra, di Pulau Punjung, Jumat.

Ia menyampaikan bencana alam banjir diantaranya terjadi di sejumlah titik di Nagari Tabek, Nagari Taratak Tinggi, Nagari Timpeh, dan Nagari Payubarangan. Titik banjir yang cukup parah terjadi di Timpeh, Ranah Palabi dan Tabek.

Ia menyebutkan banjir di daerah tersebut sudah terjadi Kamis dini hari sekitar pukul 04.00 WIB. Diperkirakan ratusan rumah dan beberapa fasilitas umum serta sekolah terendam banjir.

"Aktivitas di Kecamatan Timpeh Lumpuh, air sudah masuk ke rumah warga, fasilitas pemerintah, sekolah, dan memutus akses jalan utama di Kecamatan Timpeh," katanya.

Selain itu, kata dia, longsor juga melanda Bukit Lantak di Nagari Tabek sehingga memutus akses menuju Kecamatan Pulau Punjung ataupun arah sebaliknya. Kendaraan roda dua maupun roda empat tidak dapat melintasi jalan tersebut.

Menurutnya pemerintah daerah sedang mengupayakan evakuasi dan bantuan terhadap warga yang terdampak banjir dan pembersihan material longsor di Bukit Lantak, termasuk melakukan pendataan terhadap masyarakat yang terdampak banjir.

"BPBD Dinas Sosial, dan Tagana sudah dilokasi sejak pagi, begitu juga informasinya berat sudah menuju titik longsor. Sampai saat ini kita masih berusaha menuju titik.lokasi," katanya.

Berdasarkan informasi dari grup Whatsapp Tim Reaksi Cepat (TRC) banjir juga terjadi Nagari Gunung Selasih, Kecamatan Pulau Punjung.

"Pantauan kami di lapangan untuk banjir di Kampung Surau Nagari Gunung Selasih sudah mulai surut,” anggota Koramil Pulau Punjung, Joko melalui grup Team Reaksi Cepat Bencana.

Sementara, Ketua Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan Timpeh, Ruzi Rinaldi menjelaskan akibat banjir yang melanda mengakibatkan air hampir masuk ke gedung kantor Panwaslu setempat.

"Informasinya sudah sampai di halaman kantor, kita juga sudah menuju lokasi. Mudah-mudahan tidak sampai masuk ke dalam kantor," katanya.

Baca juga: BPBD Dharmasraya lanjutkan pembersihan material longsor

Baca juga: Banjir dan longsor tutup jalan penghubung desa di Dharmasraya

Baca juga: BPBD Dharmasraya imbau warga aliran Batanghari waspada

Baca juga: Ribuan warga Dharmasraya terisolasi akibat banjir

Pewarta: Laila Syafarud
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023