akseslah dengan baik untuk menumbuhkan ekonomi
Blora (ANTARA) - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyampaikan tiga pesan kepada para penerima sertifikat tanah, surat keputusan (SK) Perhutanan Sosial dan SK Tanah Objek Reforma Agraria di Desa Gabusan, Kabupaten Blora, Jumat.

Pesan pertama yang disampaikan adalah penerima memanfaatkan lahan untuk kegiatan produktif sehingga dapat meningkatkan perekonomian.

“Masyarakat kan bisa mengakses, akseslah dengan baik untuk menumbuhkan ekonomi,” ujar Ganjar usai mendampingi kunjungan kerja Presiden Joko Widodo di Kabupaten Blora.

Pesan kedua, pemerintah dalam hal ini Perhutani akan terus mendampingi masyarakat dan kelompok tani agar hasilnya optimal.

“Ketiga tentu saja konservasinya jangan lupa sehingga dari sisi tutupan dan lahan yang digunakan untuk kebutuhan ekonominya bisa dipadukan,” katanya.

Baca juga: BPJAMSOSTEK-Perhutani lindungi pekerja di sektor perhutanan sosial
Baca juga: Jateng ajak masyarakat kelola hutan melalui Program Perhutanan Sosial

Mantan anggota DPR RI itu secara khusus berharap para penerima bisa segera memanfaatkan lahan dengan baik, termasuk penyelesaian konflik pertahanan sekitar hutan di Wonorejo, Cepu.

“Alhamdulillah bisa selesai karena Pak Bupati kemarin segera nulis surat, kita juga mempercepat, dan respon ATR/BPN juga cepat,” ujarnya.

Turut mendampingi Presiden Jokowi diantaranya Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto dan Wamen ATR/BPN Raja Juli Antoni, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, Menseskab Pramono Anung.

Kemudian, Bupati dan Forkopimda Blora juga hadir. Serta sejumlah kepala daerah di Provinsi Jateng dan Provinsi Jatim.

Baca juga: KLHK sebut realisasi perhutanan sosial capai 5,31 juta hektare
Baca juga: Dari Balikpapan, Presiden Serahkan SK Perhutanan Sosial dan SK TORA Untuk Seluruh Indonesia
Baca juga: 302 petani dan kelompok masyarakat terima SK Perhutanan Sosial

 

Pewarta: Wisnu Adhi Nugroho
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023