Palembang, Sumatera Selatan (ANTARA) - PT. Pupuk Sriwidjaja (Pusri) Palembang, Sumatera Selatan, mendistribusikan 374 ribu ton lebih pupuk bersubsidi untuk memenuhi kebutuhan petani jelang musim panen April 2023.

Direktur Utama PT. Pusri Palembang Tri Wahyudi Saleh, di Palembang, Jumat, mengatakan pupuk bersubsidi itu terdiri dari  307.968 ton pupuk jenis Urea dan 66.044 ton pupuk NPK.

Pihaknya memastikan dalam pendistribusian pupuk dilaksanakan sesuai dengan alokasi yang ditetapkan pemerintah.

Hal tersebut diketahui dari jumlah yang telah di distribusikan itu setara dengan 69 persen alokasi sampai dengan bulan Maret 2023, kata Tri.

Baca juga: Pupuk Indonesia salurkan 1,42 juta ton pupuk bersubsidi hingga Maret

Baca juga: Ombudsman pastikan pupuk subsidi di Sumsel lampaui stok minimum


Dia menyebutkan, pupuk subsidi pemerintah difokuskan untuk sembilan jenis komoditas strategis yaitu padi, jagung, kedelai, cabai, bawang merah, bawang putih, kopi, tebu dan kakao.

Dari jumlah pupuk yang didistribusikan itu diharapkan dapat memenuhi kebutuhan petani jelang panen bulan April mendatang di sembilan provinsi dalam jangkauan pasokan PT Pusri.

Sembilan provinsi itu meliputi Sumatera Selatan, Jambi, Bengkulu, Lampung, Bangka Belitung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Dia menjelaskan, meski jumlah yang dialokasikan sudah sesuai dengan ketentuan pemerintah tapi tidak semua petani bisa memanfaatkan pupuk bersubsidi tersebut karena diatur dalam Peraturan Menteri Pertanian nomor 10 tahun 2022.

Peraturan Menteri Pertanian tersebut mengatur petani harus tergabung dalam kelompok tani terlebih dahulu dan terdaftar dari Sistem Informasi Penyuluhan Pertanian (Simluhtan) untuk mendapatkan pupuk subsidi.

“Dalam hal ini kami terus berusaha memaksimalkan kapasitas produksi yaitu sebesar 2,6 juta ton per tahun agar petani tidak kekurangan dan produksi terus stabil bahkan meningkat,” kata dia.

Tri menambahkan, per 9 Maret 2023 stok pupuk di Gudang Lini III Pusri masih cukup untuk memenuhi kebutuhan pupuk selama tiga pekan ke depan. Masing-masing urea bersubsidi sebanyak 127.823,445 ton atau setara 182 persen dan NPK bersubsidi sebesar 37.439,265 ton atau setara 294 persen.*

Baca juga: Presiden Jokowi akui petani keluhkan ketersediaan pupuk bersubsidi

Baca juga: Pupuk Indonesia pastikan pupuk bersubsidi hanya untuk petani terdaftar


Pewarta: Muhammad Riezko Bima Elko
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023