Kami siap mendukung Sumsel menjadi lumbung pangan nasional dan dapat membantu mendorong produksi dalam negeri.
Palembang (ANTARA) - Direktur Utama (Dirut) PT Pupuk Sriwijaya (Pusri) Palembang Daconi Khotob menyatakan perusahaan pupuk milik negara ini siap mendukung Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) menjadi lumbung pangan nasional.

"Kami siap mendukung Sumsel menjadi lumbung pangan nasional dan dapat membantu mendorong produksi dalam negeri didukung dengan ketersediaan SDM dan peralatan agar penggarapan lahan di Sumsel dapat lebih optimal," kata Daconi Khotob dalam keterangannya yang diterima, di Palembang, Rabu.

Ia menyampaikan bahwa sebagai perusahaan pupuk terbesar di Sumsel, Pusri berkomitmen akan memastikan tersedianya pupuk di setiap lini.

Selain itu mengoptimalkan penggunaan produk baik PSO (public service obligation) maupun non-PSO agar dapat memberikan peningkatan pada produktivitas pertanian dan kesejahteraan petani.

Salah satu upaya dalam peningkatan produktivitas pertanian, Pusri Palembang turun langsung mendampingi petani dalam menghadapi musim tanam saat ini.

Daconi yang baru sehari memangku jabatan Dirut PT Pusri Palembang ikut dalam kunjungan kerja Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman ke Provinsi Sumsel yang menyapa penyuluh pertanian yang sedang mengikuti pembinaan peningkatan produksi padi dan jagung yang digelar di SMK PP Negeri Sembawa, Kabupaten Banyuasin, Sumsel, Senin (13/11).

Mentan saat itu menyebutkan pihaknya telah menyiapkan anggaran untuk 100 ribu hektare lahan di Sumsel. Ia berharap bisa terserap mengangkat peringkat produksi pangan Sumsel ke peringkat keempat atau bahkan ketiga di Indonesia dari peringkat kelima saat ini.

Sebagai penyangga komoditas pangan strategis dan mempunyai potensi lahan sawah, lahan kering, dan lahan rawa, Provinsi Sumsel memiliki jumlah petani sebanyak 791.199 yang tergabung dalam Simluhtan.

Mentan Amran Sulaiman juga menghadiri kegiatan Rapat Koordinasi Gernas Penanganan El Nino di Palembang bersama dengan stakeholder terkait, guna mengantisipasi dan mencari solusi terhadap El Nino yang saat ini terjadi.

Kunjungan kerja hari kedua dilanjutkan dengan melaksanakan panen dan tanam padi di Desa Embacang, Kecamatan Lubuk Keliat, Kabupaten Ogan Ilir yang dilanjutkan dengan meninjau lokasi tanggul long storage di Desa Talang Tengah Laut, Kecamatan Lubuk Keliat, Kabupaten Ogan Ilir. Mentan juga melakukan pemantauan udara pertanaman padi di Kabupaten Banyuasin.
Baca juga: Dirut Pusri sebut Pabrik III B lebih ramah lingkungan saat beroperasi
Baca juga: Daconi Khotob jadi Dirut PT Pusri Palembang

Pewarta: Ahmad Rafli Baiduri
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023