Listrik ini akan mendukung industri hilir sampai hulu, tugas saat ini segera tangkap potensi sumber daya listrik yang ada
Bandarlampung (ANTARA) - Pengamat ekonomi meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung menangkap setiap peluang pengembangan kelistrikan di daerahnya untuk meningkatkan perekonomian.

"Bila kita amati dalam beberapa tahun ini saat pandemi COVID-19 berlangsung, tidak pernah ditemukan adanya kesulitan listrik karena pasokan sangatlah baik serta terjaga," ujar pengamat ekonomi dari Universitas Lampung Nairobi di Bandarlampung, Sabtu.

Menurut dia, dengan tersedianya pasokan listrik yang stabil bahkan surplus, dapat disimpulkan bahwa Lampung memiliki peluang lebih, dalam pengembangan sumber daya kelistrikan.

"Kita harus menambah sumber listrik sebab Lampung ini punya Gunung Rajabasa, sebagai salah satu sumber listrik yang belum tersentuh sama sekali," katanya.

Ia menjelaskan pemerintah daerah harus bisa menangkap peluang pengembangan kelistrikan di Lampung.

Baca juga: Lampung lakukan hilirisasi produk rajungan tingkatkan ekonomi

Baca juga: Disperindag Lampung sebut perusahaan pengemasan mulai kemas Minyakita


"Ke depan daerah harus punya pasokan dan sumber listrik sebagai modal ekonomi tumbuh, sebab segala sesuatu akan menggunakan listrik sebagai sumber bahan bakar seperti motor listrik, kompor listrik, hingga mobil listrik akan digunakan secara massal," ucapnya.

Dia mengatakan pemerintah daerah pun harus berani sejak saat ini mencari investor besar di bidang kelistrikan, serta segera membangun industri kelistrikan yang mengelola sumber daya alam kelistrikan yang berpotensi di Lampung.

"Listrik ini akan mendukung industri hilir sampai hulu, tugas saat ini segera tangkap potensi sumber daya listrik yang ada. Lalu dibangun secepatnya dan cari investor besar," tambahnya.

Ia melanjutkan pengelolaan potensi kelistrikan di daerah yang sangat besar, harus menjadi target daerah dan segera dilaksanakan sebagai salah satu sektor penunjang perekonomian di masa mendatang.

"Pengelolaan dan pemanfaatan kelistrikan ini harus segera dilaksanakan dan jadikan sebagai salah satu target pengembangan oleh daerah. Karena potensinya sangatlah besar untuk meningkatkan perekonomian daerah," kata dia lagi.

Baca juga: PLN investasi Rp580 juta bagi sentra ikan asin terbesar di Lampung

Baca juga: PLN bakal tambah pasokan listrik di sentra ikan asin Lampung

Pewarta: Ruth Intan Sozometa Kanafi
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023