Jakarta (ANTARA) - PT Asuransi Kredit Indonesia atau Askrindo bekerjasama dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) meresmikan Rumah Tahfidz sebagai bentuk Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (TJSL) perusahaan dalam mendukung komitmen untuk menjamin kualitas pendidikan yang inklusif dan merata.

“Kami fokus untuk menjamin kualitas pendidikan yang inklusif dan merata serta meningkatkan kesempatan belajar sepanjang hayat untuk semua,” kata Direktur Kepatuhan, SDM & Manajemen Risiko Askrindo Kun Wahyu Wardana dalam keterangan di Jakarta, Minggu.

Rumah Tahfidz di Desa Cibungbulang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, itu diharapkan bisa memberikan akses kemudahan bagi para penghafal Al-Qur’an untuk mendalami dan mengamalkan ke lingkungan sosialnya.

“Harapannya Rumah Tahfidz Askrindo Baznas ini juga dapat memudahkan para menghafal Al-Qur'an mendalaminya dan paling penting adalah dapat diamalkan ke depannya sehingga memberi dampak positif kepada sosial lingkungannya," imbuhnya.

Selain Rumah Tahfidz Askrindo Baznas, Kun menyampaikan Askrindo juga menyediakan fasilitas mobil pintar yang tersebar di Indonesia, serta memberikan pelatihan kepada ribuan guru PAUD di seluruh Indonesia.

Deputi II Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Baznas M. Imdadun Rahmat mengatakan Askrindo adalah mitra utama Baznas yang sudah berkolaborasi dan bekerjasama berbagai program baik pada rumpun, pendistribusian serta pemberdayaan zakat salah satunya Rumah Tahfidz Askrindo Baznas ini.

"Ini salah satu wujud kehadiran negara untuk mencetak para penghafal Al-Qur'an, di mana di Rumah Tahfidz Askrindo Baznas ini sudah ada 340 siswa dimana 16 siswa diantaranya sudah hafal 30 juz atau Hafidz. Diharapkan kerja sama antara Askrindo dan Baznas ini bisa terus memberikan manfaat bagi bangsa Indonesia," jelasnya.

Sejak 2022, Kementerian BUMN konsisten melakukan transformasi Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) BUMN yang akan berfokus pada tiga bidang yaitu pendidikan, lingkungan, dan pengembangan Usaha Mikro dan Kecil (UMK).

Program TJSL BUMN bertujuan mendukung pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) yang terbagi dalam empat Pilar Pembangunan, yaitu Pilar Pembangunan Sosial, Pilar Pembangunan Ekonomi, Pilar Pembangunan Lingkungan, dan Pilar Pembangunan Hukum & Tata Kelola.
 

Pewarta: Ade irma Junida
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2023