Dr Andi Lukman, M.Si dinyatakan lulus setelah berhasil mempertahankan disertasi berjudul ‘Capacity Management Building Dalam Memfasilitasi Peningkatan Mutu Perguruan Tinggi Swasta Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi’
Makassar (ANTARA) - Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) wilayah IX Andi Lukman resmi meraih gelar doktor dari Program Pascasarjana Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar.

Rektor UMI Prof Dr Basri Modding, M.Si di Makassar, Ahad mengatakan bahwa Dr Andi Lukman, M.Si dinyatakan lulus setelah berhasil mempertahankan disertasi berjudul ‘Capacity Management Building Dalam Memfasilitasi Peningkatan Mutu Perguruan Tinggi Swasta Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi’.

LLDikti  IX wilayah Sulawesi dan Gorontalo adalah unit pelaksana teknis dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi yang melaksanakan tugas Pengawasan, Pengendalian, dan Pembinaan Perguruan Tinggi Swasta di wilayah kerjanya yaitu Sulawesi dan Gorontalo.

Rektor UMI menjelaskan bahwa pada Sabtu (11/3) 2023, Andi Lukman hadir dalam kegiatan Ramah Tamah dan Silaturahmi Alumni Program Pasasarjana UMI tidak dalam kapasitasnya sebagai Kepala LLDikti IX melainkan alumni Pascasarjana UMI.

Sementara itu, Andi Lukman mengaku bersyukur bisa menyelesaikan program pascasarjana di UMI.

Ia menjelaskan, perjalanan hidupnya, terkhusus saat dipercaya menjabat Kepala LLDikti Wilayah IX memang cukup menarik.

Menurut dia, Kepala LLDikti selama ini umumnya dijabat oleh sosok berprofesi dosen, seorang bergelar doktor ataupun profesor. Namun hal itu berbeda dengan dirinya yang tidak satupun dari ketiganya.

"Jadi ini merupakan terobosan luar biasa bagi perjalanan hidup saya. Apalagi setelah resmi meraih gelar doktor maka saya kira semakin menyempurnakan perjalanan saya," ujarnya.

Sebelumnya, Andi Lukman dalam disertasinya menjelaskan, perguruan tinggi di Indonesia terus mengalami perkembangan yang pesat yang dituntut untuk selalu melakukan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

“LLDikti sebagai satuan kerja Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi yang bertanggungjawab untuk mengantarkan perguruan tinggi swasta yang berkualitas dan bermutu serta di harapkan dapat menghilangkan disparitas antara PTN dan PTS,” katanya.

Dalam disertasi ini ia mengangkat tiga rumusan masalah. Pertama, bagaimana deskripsik kapasitas Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah IX Dalam Memfasilitasi Peningkatan Mutu Perguruan Tinggi Swasta

Lalu kedua, bagaimana deskripsi mutu Perguruan Tinggi Swasta Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah IX. dan ketiga bagaimana strategi Capacity Management Building Dalam Memfasilitasi Meningkatkan Mutu Perguraun Tinggi Swasta Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah IX.

Baca juga: LLDikti IX mendorong UMI-Makassar meraih akreditasi internasional

Baca juga: Sejumlah kampus mendapatkan LLDIKTI Award

Baca juga: LLDikti IX mendorong Apotek UMI mengembangkan obat tradisional

Baca juga: LLDIKTI IX mengajak UMI membangun kampus yang masih berjuang


Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023