Kota Bengkulu (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Bengkulu menyebutkan sebanyak 241 masjid, gereja dan rumah ibadah lainnya akan mendapatkan bantuan perbaikan bangunan dari dana keagamaan sebesar Rp10 hingga Rp15 juta.
 
"Tahun ini ada 241 rumah ibadah yang akan diberikan dana bantuan perbaikan bangunan dengan dana bersumberkan dari anggaran pendapatan dan belanja daerah 2023 di seluruh wilayah di Provinsi Bengkulu," kata Kepala Biro Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Pemkesra) Sekretariat Daerah Provinsi Bengkulu Syarifuddin di Kantor Gubernur Bengkulu, Senin.
 
Untuk penyaluran bantuan perbaikan bangunan rumah ibadah tersebut dilaksanakan pada bulan Ramadhan 1444 Hijriah atau pada Maret hingga April 2023.
 
Ia menjelaskan mekanisme penyaluran tersebut yaitu pengurus rumah ibadah akan dikumpulkan di satu lokasi dan Gubernur Bengkulu menyerahkan bantuan tersebut secara simbolis ke salah satu pengurus.
 
Sedangkan untuk dana hibah masjid dan lainnya akan dikirim ke rekening yang telah didaftarkan oleh pengurus.
 
"Tidak hanya dari pemerintah provinsi tapi juga dari instansi lainnya seperti Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bengkulu juga akan memberikan bantuan," sebut dia.
 
Sebelumnya Pemerintah Provinsi Bengkulu menyiapkan dana sebesar Rp24 miliar dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2023 untuk dana hibah keagamaan.
 
Dana hibah keagamaan tersebut akan digunakan untuk bantuan melakukan perbaikan bangunan sejumlah mesjid, bantuan pendidikan hingga untuk Organisasi Masyarakat (Ormas) keagamaan di Provinsi Bengkulu.
 
Kemudian alokasi dana hibah keagamaan pada 2023 mengalami kenaikan jika dibandingkan pada tahun sebelumnya yaitu sekitar Rp17 miliar.

Pewarta: Anggi Mayasari
Editor: Maswandi
Copyright © ANTARA 2023