Jakarta (ANTARA) - Lembaga pemeriksa halal PT Sucofindo menargetkan pengauditan 5.000 produk agar bisa memperoleh ketetapan halal dari Majelis Ulama Indonesia dan sertifikat halal dari Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal selama tahun 2023.

"Tahun 2023 kita menargetkan 5.000 audit kehalalan produk baik usaha mikro, kecil, menengah, maupun besar," kata Kepala Unit Halal PT Sucofindo Agus Suryanto pada acara pembentukan Asosiasi Lembaga Pemeriksa Halal Indonesia (ALPHI) di Jakarta, Senin.

Sucofindo ditetapkan sebagai lembaga pemeriksa halal (LPH) oleh Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama berdasarkan Surat Keputusan Nomor 117 Tahun 2020.

Pada 2023, perusahaan jasa inspeksi milik negara itu mendapat akreditasi sebagai LPH Utama dari BPJH dan menjadi LPH Utama pertama yang memiliki cakupan wilayah kerja nasional dan internasional.

Agus mengatakan bahwa LPH Utama PT Sucofindo dapat melayani verifikasi/validasi, inspeksi, audit, dan pengujian laboratorium bagi produk berupa makanan dan minuman, kosmetik, kimiawi, rekayasa genetik, barang gunaan, hingga jasa.

"Kami berkomitmen dapat memenuhi kebutuhan pelaku usaha dalam meningkatkan daya saing melalui peranan kami sebagai LPH," katanya.

Guna mendukung implementasi sertifikasi halal, ia mengatakan, PT Sucofindo menyediakan fasilitas layanan digital berupa aplikasi Sistem Aplikasi Halal dan Informasi Halal (SAHIH) yang bisa diakses di laman LPH Sucofindo. ​​​​​​

Aplikasi SAHIH terintegrasi dengan aplikasi SIHALAL BPJPH. Pelaku usaha cukup sekali mengisi dan mengunggah data serta informasi persyaratan permohonan sertifikasi halal ke aplikasi SIHALAL dan otomatis terhubung dengan aplikasi SAHIH Sucofindo.

Agus mengatakan, LPH PT Sucofindo memiliki 135 auditor halal yang tersebar di 28 cabang di Indonesia.

"Kita juga didukung laboratorium halal di Cibitung yang memiliki laboratorium PCR. Kemudian kita berkolaborasi dengan jasa lainnya, kita menawarkan one stop service dengan jasa lain Sucofindo agar pelanggan mendapat efisiensi penawaran harga," kata dia.

Ia menambahkan, LPH Sucofindo mendukung upaya Indonesia menjadi pusat industri halal dunia pada 2024.

Baca juga:
Indonesia miliki asosiasi lembaga pemeriksa produk halal
Kemenag sebut 30 lembaga pemeriksa halal siap beroperasi

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2023