Mukomuko (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Bengkulu, akan menerima penghargaan cakupan kesehatan universal atau Universal Health Coverage (UHC) Award yang diberikan langsung Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin kepada Bupati Mukomuko Sapuan rencananya Selasa (14/3).
 
"Alhamdulillah, Pemkab Mukomuko dapat penghargaan UHC Award 2023 yang diterima oleh Bupati Mukomuko," kata Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Kabupaten Mukomuko Elva Elinda di Mukomuko, Senin.
 
Ia mengatakan, penghargaan UHC diberikan kepada Pemkab Mukomuko yang telah melindungi penduduknya lebih dari 95 persen dan Pemkab telah mendaftarkan penduduknya dalam segmen pekerja bukan penerima upah (PBPU).
 
Ia menyebutkan, terhitung per Februari 2023 sebesar 98,60 persen warga masyarakat tersebar di 15 kecamatan di daerah ini sudah terdaftar menjadi peserta aktif BPJS Kesehatan.
   
Selain Pemkab Mukomuko, sebanyak 22 provinsi dan 335 kabupaten/kota di Indonesia yang akan menerima penghargaan UHC Award.
 
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko Bustam Bustomo mengatakan Pemkab Mukomuko menerima penghargaan UHC Award karena hampir seluruh warga masyarakat di daerah ini memiliki jaminan kesehatan.
 
"Alhamdulillah, Pemkab Mukomuko menerima UHC Award 2023. Penghargaan nantinya akan diterima langsung oleh bapak Bupati Mukomuko Sapuan di Jakarta dalam waktu dekat ini," ujarnya pula.
 
Ia menjelaskan, UHC merupakan cakupan kepesertaan program jaminan kesehatan nasional atau JKN yang dikelola oleh BPJS Kesehatan di daerah ini.
 
Ia memastikan minimal 95 persen dari total jumlah penduduk di daerah ini telah mendapatkan akses finansial terhadap pelayanan kesehatan dengan mendaftarkan dirinya atau didaftarkan menjadi peserta JKN
 
Sementara itu, pemerintah setempat telah membentuk tim penyelenggara program UHC yang terdiri dari Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, dan BPJS kesehatan yang bertugas memberikan pelayanan kesehatan bagi warga yang belum mendapatkan jaminan kesehatan dari BPJS kesehatan.*
   

Pewarta: Ferri Aryanto
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023