Riset mengenai pengembangan baterai sangat penting mengingat Indonesia memiliki potensi kekayaan alam yang sangat menunjang kelahiran industri baterai
Jakarta (ANTARA) - National Battery Research Institute (NBRI) menekankan pentingnya riset terkait pengembangan baterai guna meningkatkan nilai tambah sumber daya lokal.

"Riset mengenai pengembangan baterai sangat penting mengingat Indonesia memiliki potensi kekayaan alam yang sangat menunjang kelahiran industri baterai," kata pendiri NBRI Prof Dr rer nat Evvy Kartini dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Senin.

Dia menjelaskan bahwa Indonesia memiliki sumber daya alam lokal berupa nikel yang dapat dikelola melalui proses yang ramah lingkungan sebagai salah satu bahan baku baterai.

Untuk itu, kata dia, pihaknya mendorong penelitian mengenai pengembangan baterai, untuk mewujudkan penelitian baterai nasional yang kuat dan makin meningkatkan visibilitas penelitian baterai.

"NBRI juga mendorong dan mendukung industri pembuatan baterai yang menggunakan sumber daya lokal. Langkah ini diharapkan akan makin mendukung kemandirian energi," katanya.

Ia mengemukakan tiga aspek penting dalam pengembangan baterai yakni sumber daya alam, penguasaan teknologi, dan pasar.

"Selain sumber daya, penguasaan teknologi memegang peranan penting, karena itu diperlukan banyak riset dan pelatihan-pelatihan," katanya.

Untuk itu, NBRI bekerja sama dengan Renewable Energy Skill Development (RESD) menggelar pelatihan dengan mengangkat tema Battery for Renewable Energy yang diikuti sejumlah dosen dari berbagai politeknik negeri di Indonesia.

"Peserta pelatihan merupakan dosen-dosen yang mengajar mata kuliah bertopik energi terbarukan dari delapan politeknik negeri di Indonesia. Para dosen yang mengikuti pelatihan ini sebelumnya telah mengikuti pelatihan ToT Basic Solar di Bandung, ToT Advanced Solar di Bali, ToT Lab Equipment Solar di Manado, dan ToT Advanced Practical Solar di Manado, dan saat ini sedang mempelajari implementasinya dengan menggunakan baterai," katanya.

Diharapkan pelatihan tersebut akan makin meningkatkan pengetahuan mengenai teknologi baterai terbaru dan aplikasinya sebagai medium penyimpanan untuk energi terbarukan, demikian Evvy Kartini .


Baca juga: BRIN meningkatkan nilai tambah sumber daya lokal untuk mengembangkan baterai

Baca juga: NBRI: Tingkatkan edukasi masyarakat untuk permudah penetrasi kendaraan listrik

Baca juga: NBRI: kejar penguasaan teknologi baterai untuk kendaraan listrik

Baca juga: Menristek mendukung penggunaan baterai litium lokal untuk mobil listrik

 

Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023