Kami mendorong pemda lain untuk dapat segera mengejar cakupan kepesertaan di daerahnya dan diintegrasikan dengan program JKN-Kartu Indonesia Sehat
Jakarta (ANTARA) - Direktur Utama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Ali Ghufron Mukti mengajak pemerintah daerah yang telah mendapatkan penghargaan Universal Health Coverage (UHC) atau Cakupan Kesehatan Semesta untuk terus mempertahankan predikat yang diraih.

"Kami berharap pemerintah daerah yang telah mencapai predikat UHC, dapat terus mempertahankan predikat UHC yang diraih," kata Ali Ghufron Mukti pada Penyerahan Penghargaan UHC kepada Pemerintah Daerah (Pemda), di Jakarta, Selasa.

Pemda juga diharapkan memastikan kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) aktif bagi masyarakat di masing-masing wilayah serta bersama-sama memastikan peningkatan mutu layanan di fasilitas kesehatan yang melayani peserta JKN.

"Dengan demikian perlindungan jaminan kesehatan bagi penduduk dapat terlaksana dengan baik," katanya.

Predikat UHC diharapkan dapat mendorong pemda lainnya semakin meningkatkan jumlah kepesertaan BPJS Kesehatan guna memberikan perlindungan jaminan kesehatan melalui JKN di wilayah masing-masing.

Ghufron juga menekankan tercapainya predikat UHC juga harus memastikan bahwa setiap penduduk memiliki akses terhadap layanan kesehatan yang adil, merata, dan bermutu, baik itu layanan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif.

"Kami mendorong pemda lain untuk dapat segera mengejar cakupan kepesertaan di daerahnya dan diintegrasikan dengan program JKN-Kartu Indonesia Sehat," katanya.

Salah satu keuntungan Program JKN-KIS, katta dia, adalah memiliki asas portabilitas dan dapat dimanfaatkan meskipun dalam keadaan sehat. Melalui program tersebut, tambah dia, masyarakat bisa berobat di seluruh wilayah Indonesia ketika membutuhkan.

"Perwakilan kantor kami di tiap kabupaten/kota diharapkan mempermudah sinergi dengan pemda, kami sangat siap berkolaborasi dan bersama mewujudkan UHC di Indonesia," ujar Ali Ghufron Mukti.

Dalam acara tersebut Wakil Presiden Ma'ruf Amin memberikan penghargaan kepada sejumlah pemda h yang telah mendukung program JKN-KIS sebagai program strategis nasional dengan mendorong terwujudnya cakupan kesehatan semesta di Indonesia.

 

Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023