Banjarmasin (ANTARA) - Polda Kalimantan Selatan membantu usaha mikro kecil menengah (UMKM) binaan Yayasan Kemala Bhayangkari untuk memasarkan produknya secara luas hingga bisa ekspor.

"Kami bantu pasarkan produk beragam dari UMKM binaan Bhayangkari yang mayoritas produk hasil Kalimantan Selatan seperti kain sasirangan, kain tenun Pagatan, tas dan sepatu hingga aneka kerajinan dan produk makanan," kata Kapolda Kalimantan Selatan Irjen Pol Andi Rian R Djajadi di Banjarmasin, Selasa.

Dalam upaya menggaungkan produk UMKM binaan dan juga hasil karya ibu-ibu Bhayangkari, Polda Kalsel pun menggelar bazar di halaman Mapolda Kalsel yang diikuti pengurus Yayasan Kemala Bhayangkari di 13 Polres jajaran.

Sejumlah produk dipamerkan dan dijual murah separuh harga dari normal di pasaran.

Kapolda menyebut bazar tersebut sebagai upaya lebih mengenalkan produk-produk hasil karya Bhayangkari dan UMKM binaannya agar bisa lebih berkembang usahanya kedepan.

"Jadi jangan hanya dipasarkan di daerah asalnya di kabupaten namun juga bisa dikenal masyarakat luas seperti di Kota Banjarmasin ini dengan pasar yang tentunya juga lebih terbuka," jelasnya.
Ketua Bhayangkari Daerah Kalimantan Selatan Dewi Andi Rian didampingi Kapolda Kalimantan Selatan Irjen Pol Andi Rian R Djajadi saat berada di stand Bhayangkari Cabang Tanah Bumbu. (ANTARA/Firman)


Sementara Ketua Bhayangkari Daerah Kalimantan Selatan Dewi Andi Rian mengatakan bazar yang dirangkai olahraga bersama itu juga digelar dalam rangkaian menyambut ulang tahun ke-43 Yayasan Kemala Bhayangkari yang diperingati pada 5 Mei 2023 mendatang.

"Kami ingin semua ibu-ibu Bhayangkari berdaya sekaligus menjadi penopang semangat kinerja suami agar keberadaan kita bisa bermanfaat positif bagi keluarga, lingkungan dan negara," ucap Dewi.

Ketua Bhayangkari Cabang Tanah Bumbu Nuri Tri Hambodo mengatakan pihaknya menampilkan banyak produk unggulan dari ranting-ranting pengurus di Polsek seperti pentol ikan, tahu bakso dan keripik bayam.

"Semuanya ini produk olahan ibu-ibu Bhayangkari dan UMKM yang menjadi binaan kami di Polsek-Polsek," tutur istri dari Kapolres Tanah Bumbu AKBP Tri Hambodo ini.

Baca juga: Pemprov Kalsel buatkan tempat gratis bagi UMKM di pasar Ramadhan

Baca juga: Menparekraf minta UMKM di Kalsel terus berinovasi dan berkolaborasi

Pewarta: Firman
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023