jika pengidap TBC ini mau melaksanakan pengobatan selama enam bulan secara rutin, maka dipastikan sembuh
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan memberikan pengobatan gratis untuk pengidap tuberkulosis (TBC) di wilayahnya dengan cara langsung mendatangi puskesmas terdekat.

"Jakarta Selatan terdapat kurang lebih seribu pengidap TBC dan tidak mau berobat. Kini kami sediakan gratis," kata Sekretaris Kota Administrasi Jakarta Selatan Ali Murthadho dalam Peringatan Hari TBC Sedunia Tahun 2023, di Jakarta, Selasa.

Ali menambahkan jika pengidap TBC ini bersedia berobat selama enam bulan secara rutin, maka dipastikan sembuh dari penyakit yang menyerang paru-paru tersebut.

Dia menambahkan TBC tidak hanya sekedar diperingati saja setiap tahun namun juga wajib memberi edukasi kepada masyarakat dan penyembuhannya.

Harapannya, dengan adanya peringatan ini mampu mengedukasi semua komponen masyarakat untuk bergerak bersama secara masif, terstruktur, dan sistemik untuk mengurangi TBC di Jakarta Selatan.

"Jadi kita ingin menghilangkan mitos atau stigma yang ada di masyarakat bahwa pengidap TBC itu memalukan dan tidak bisa disembuhkan," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Selatan Yudi Dimyati turut mendorong semua pihak untuk meningkatkan kesadaran untuk mencegah TBC.

"Target temuan penderita TBC tahun ini sebanyak 11.995 kasus," tambah Yudi.

Yudi menambahkan, jumlah kasus positif TBC di Jakarta Selatan pada 2022 sebanyak 8.276 kasus dan pihaknya mengupayakan untuk memberikan pengobatan secara intensif.

Suku Dinas Kesehatan Jakarta Selatan memastikan program pemeriksaan terus bergulir untuk menekan jumlah  penderita TBC.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Jakarta Selatan memeriksa ribuan penderita tuberkulosis (TBC) di daerah itu pada tahun lalu.

"Ini sesuai dengan target salah satu indikator standar pelayanan minimal (SPM) di bidang kesehatan yakni setiap orang terduga TBC mendapatkan pelayanan kesehatan sesuai standar," kata Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Selatan Yudi Dimyati saat dihubungi, di Jakarta, Jumat.

Yudi menuturkan sepanjang 2022,  fasilitas kesehatan di Jakarta Selatan telah melayani pemeriksaan terhadap 45.763 orang terduga TBC.

Menurut dia, orang terduga TBC harus diketahui gejalanya sejak dini agar dapat segera disembuhkan.
Baca juga: Komitmen pasien harus kuat, pengobatan TBC butuh waktu 6-9 bulan
Baca juga: Pemerintah bangun kolaborasi lintas sektor untuk eliminasi TBC
Baca juga: Pemkot pantau pengobatan 280 pasien TBC selama enam bulan

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023