Minggu depan rangkaian operasi pasar (OP) sudah dimulai karena Gubernur (DIY) berharap cepat dilaksanakan
Yogyakarta (ANTARA) - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Daerah Istimewa Yogyakarta menyiapkan 45 ton bahan pokok yang akan disalurkan melalui operasi pasar guna menjaga inflasi tidak tinggi di lima kabupaten/kota menjelang Ramadhan hingga Idul Fitri 1444 Hijriah.

"Minggu depan rangkaian operasi pasar (OP) sudah dimulai karena Gubernur (DIY) berharap cepat dilaksanakan," kata Kepala Disperindag DIY Syam Arjayanti saat dihubungi di Yogyakarta, Kamis.

Sesuai dengan arahan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, Syam memastikan pelaksanaan OP bahan pokok tidak sekadar menyasar pasar induk atau pasar pantauan, namun juga merambah pasar tradisional di level kelurahan.

"Soal kabupaten mana dulu yang akan memulai operasi pasar masih kami diskusikan," ujar dia.

Baca juga: DIY ajukan alokasi 24 ton minyak goreng untuk operasi pasar

Menurut Syam, sebanyak 45 ton komoditas pokok yang disiapkan terdiri atas beras, bawang merah, bawang putih, minyak goreng, telur, daging ayam, serta daging sapi yang harga jualnya akan disubsidi pemerintah Rp2.000 per kilogram.

Selain itu, Disperindag DIY juga akan menggelar pasar murah yang ditujukan untuk konsumen langsung dengan aneka ragam komoditas pokok yang disiapkan mencapai 40 ton.

Komoditas yang disiapkan untuk OP maupun pasar murah tersebut masih bisa bertambah menyesuaikan kesiapan anggaran.

"Kita masih menunggu dari dana insentif daerah (DID) yang sudah kami anggarkan Rp2,5 miliar tapi sampai saat ini peraturannya belum turun," kata dia.

Dengan pelaksanaan OP dan pasar murah, Syam berharap mampu mengendalikan harga bahan pokok di DIY yang biasanya mengalami lonjakan menjelang Ramadhan hingga Idul Fitri.

"Kami berharap bisa menjaditerapi kejut bagi para pedagang agar harga tidak sampai melonjak tinggi, jadi ada alternatif bahan pangan. Kemudian memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk bisa mengakses bahan pangan dengan harga murah," kata dia.

Menurut dia, secara umum harga kebutuhan pokok di DIY masih stabil, meski sejumlah komoditas seperti bawang merah, bawang putih, serta telur ayam sempat mengalami lonjakan harga.

"Kemarin harga bawang putih informasi dari distributor sudah mulai turun, tapi mungkin pedagang masih menghabiskan stok kemarin," ujar Syam Arjayanti.

Pejabat Fungsional Pengawas Perdagangan Muda Disperindag DIY Sabar Santoso mengatakan berdasarkan pemantauan harga di tiga pasar tradisional di Kota Yogyakarta yakni di Pasar Beringharjo, Pasar Kranggan, dan Pasar Demangan pada 16 Maret 2023, beras medium IR I dijual Rp12.233 per kg, bawang putih kating Rp33.667 per kg, bawang merah Rp32.333 per kg, minyak goreng curah Rp13.767 per kg, gula pasir Rp13.500 per kg.

Sementara itu, harga telur ayam negeri Rp31.000 per kg atau naik Rp2.000 per kg dan harga daging ayam ras Rp34.333 per kg naik Rp667 per kg dibanding hari sebelumnya.

Baca juga: Serapan beras DIY tidak terpengaruh abu vulkanik

 

Pewarta: Luqman Hakim
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023