Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo tiba di Bandara Internasional Syamsudin Noor, Kota Banjarbaru, Provinsi Kalimantan Selatan, sekitar pukul 17.20 WITA pada Kamis seusai kunjungan kerja dari Singapura.

Presiden Jokowi bersama rombongan selanjutnya menuju hotel tempat bermalam untuk melakukan kunjungan kerja pada Jumat (17/3) di provinsi tersebut.

Kedatangan Presiden Jokowi disambut langsung Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor, Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Tri Budi Utomo, Kapolda Kalimantan Selatan Irjen Pol. Andi Rian Djajadi, Danrem 101/Antasari Brigjen TNI Rudi Puruwito, Danlantamal XIII Tarakan Laksma TNI Deni Herman, serta Danlanud Syamsudin Noor Kolonel Pnb Yulmaizir Chaniago.

Baca juga: Presiden Jokowi mendarat di Bandara Syamsudin Noor saat cuaca hujan

Baca juga: Singapura siap kerja sama dengan Indonesia atasi krisis Myanmar


Turut mendampingi Presiden dalam penerbangan ke Provinsi Kalimantan Selatan adalah Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Dirjen Protokol dan Konsuler Kementerian Luar Negeri/Kepala Protokol Negara Andy Rachmianto, Komandan Paspampres Mayjen TNI Rafael Granada Baay, Sekretaris Pribadi Presiden Anggit Noegroho, serta Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

Sementara dalam pertemuan Presiden Jokowi dan PM Lee Hsien Long di Istana Kepresidenan Singapura dibahas peningkatan kerja sama berbagai bidang di antara kedua negara dan isu kawasan.

Secara keseluruhan ada 20 "letter of intent" yang menunjukkan minat pihak swasta Singapura untuk berinvestasi di IKN Nusantara.

Baca juga: Singapura dukung Keketuaan Indonesia di ASEAN 2023

Baca juga: Jokowi sambut baik minat investor Singapura terlibat pembangunan IKN


Terkait pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN), Presiden menyambut baik besarnya minat investor dari Singapura. Selain itu, Kepala Negara menyambut baik kesepakatan kedua negara untuk meningkatkan investasi di bidang energi baru terbarukan (EBT).

Masih ada juga kerja sama antara pemerintah Indonesia dan Singapura dalam bidang digital, serta pengembangan sumber daya manusia (SDM) dalam bidang teknologi informasi termasuk investasi dan "data center" serta pengembangan SDM di bidang teknologi informasi termasuk "Apple Academy" dan "IBM Academy" di Batam.

Pewarta: Desca Lidya Natalia
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2023