Mamuju (ANTARA) - Kementrian Agama (Kemenag) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) melakukan pelatihan edukasi produk halal bagi puluhan pelaku usaha di Kabupaten Mamuju untuk memenuhi kebutuhan umat yang peduli dengan bahan baku dan proses pengolahannya.

Kepala Kantor Wilayah Kemenag Sulbar Syafrudin Baderung, di Mamuju, Kamis mengatakan, edukasi usaha produk halal untuk pelaku usaha di Mamuju, dilaksanakan bekerjasama dengan Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulbar.

Ia mengatakan, pelatihan edukasi produk hal untuk pelaku usaha tersebut karena pentingnya memperhatikan keaslian produk halal yang dikonsumsi masyarakat.

Menurut dia, produk halal sangat penting karena tidak hanya berkaitan dengan aspek agama, tetapi juga kesehatan dan keamanan konsumen.

Bederung mengatakan, produk halal harus memenuhi kriteria tertentu yang ditetapkan pemerintah, seperti tidak mengandung bahan yang diharamkan dalam agama Islam, kemudian diproduksi dengan cara yang bersih dan tidak mencemari lingkungan, serta tidak mengandung unsur-unsur yang berbahaya bagi kesehatan manusia.

Ia menyampaikan, Kemenag Sulbar, membuka layanan sertifikasi halal bagi para pelaku usaha secara online, dengan sangat mudah mendaftarkan sertifikasi halal sehingga pelaku usaha dapat memperoleh jaminan bahwa produk yang dikonsumsi benar halal.

Menurut dia, pelatihan edukasi halal bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya memperhatikan keaslian produk halal.

Ia berharap, bahwa dengan adanya kelas edukasi halal ini, masyarakat dapat menjadi lebih cerdas dan kritis dalam memilih dan mengkonsumsi produk halal.

Pewarta: M.Faisal Hanapi
Editor: Maswandi
Copyright © ANTARA 2023