Dengan peluncuran layanan kereta kargo ini, kini barang-barang dapat dikirim langsung dari Beijing ke Eropa
Beijing (ANTARA) - Sebuah kereta kargo yang mengangkut 55 kontainer pada Kamis (16/3) pagi meninggalkan Beijing untuk menuju Moskow, ibu kota Rusia, menandai peluncuran layanan kereta kargo China-Eropa langsung pertama yang berangkat dari ibu kota China itu.

Kereta kargo yang membawa barang-barang seperti bahan bangunan, peralatan listrik rumah tangga, dan pakaian itu berangkat dari pusat logistik Distrik Pinggu yang terletak di wilayah timur laut kota itu, dan akan meninggalkan China melalui Pelabuhan Manzhouli di Daerah Otonom Mongolia Dalam, China utara.

Kereta tersebut diperkirakan akan mencapai Moskow dalam 18 hari, menempuh jarak sekitar 9.000 kilometer.

"Dahulu, kami harus mengirim produk ke provinsi Henan atau Hebei sebelum dikirim ke Eropa," jelas Chu Yixiao, Manajer Umum Taitong International Transportation Co., Ltd.

"Dengan peluncuran layanan kereta kargo ini, kini barang-barang dapat dikirim langsung dari Beijing ke Eropa, sehingga mengurangi biaya logistik dan meningkatkan efisiensi transportasi," katanya, seraya menambahkan bahwa perkembangan tersebut menghadirkan peluang baru untuk kemajuan berbagai bisnis.

Tahun ini menandai peringatan 10 tahun Inisiatif Sabuk dan Jalur Sutra (Belt and Road Initiative/BRI). Menurut Liu Zhenfang, Ketua Dewan China State Railway Group Co., Ltd., kereta kargo China-Eropa telah menghubungkan 108 kota di China dengan 208 kota di 25 negara di Eropa, dengan rute kargo tersebut telah menangani 65.000 perjalanan kereta barang, demikian Xinhua.



Pewarta: Xinhua
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2023