Selain memperkenalkan Aplikasi Siap Kerja Karirhub, kami juga memberikan pembekalan kepada para pelajar terkait informasi pasar kerja, mengingat di wilayah kita banyak sekali info hoaks perihal lowongan pekerjaan
Kabupaten Bekasi (ANTARA) - Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, memperkenalkan Aplikasi Siap Kerja Karirhub kepada calon pencari kerja di sejumlah sekolah kejuruan daerah itu untuk mencegah informasi bohong terkait lowongan pekerjaan.

Sekretaris Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Bekasi Betty Kusuma Wardhani mengatakan aplikasi ini telah diperkenalkan ke sedikitnya enam Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) melalui kegiatan pelayanan informasi pasar kerja dengan menggandeng Pusat Pasar Kerja Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) RI.

"Selain memperkenalkan Aplikasi Siap Kerja Karirhub, kami juga memberikan pembekalan kepada para pelajar terkait informasi pasar kerja, mengingat di wilayah kita banyak sekali info hoaks perihal lowongan pekerjaan," katanya di Cikarang, Jumat.

Dia mengatakan melalui kegiatan tersebut para siswa dan siswi SMK dapat mempersiapkan diri secara matang sebelum memasuki dunia kerja.

"Jangan tergoda dengan informasi lowongan kerja instan yang belum tentu benar. Ada laman Siap Kerja Karirhub (karirhub.kemnaker.go.id) yang disediakan pemerintah daerah bekerja sama dengan Kementerian Ketenagakerjaan," katanya.

Betty berharap kegiatan membantu memudahkan masyarakat mengakses informasi pasar kerja yang legal melalui sumber resmi dapat menghindarkan masyarakat hoaks.

Baca juga: Sekjen Kemnaker: Pusat pasar kerja akan jadi ikon baru Kemnaker

"Ke depan masyarakat memahami tentang informasi pasar kerja yang resmi bisa tersalurkan ke perusahaan-perusahaan yang resmi, sehingga tidak terjadi penipuan di lapangan," ucapnya.

Sementara itu perwakilan Pusat Pasar Kerja Kemnaker RI Rici Ronaldo mengatakan pemerintah berupaya mengoptimalkan saluran informasi kerja agar mudah diakses masyarakat, salah satunya melalui Aplikasi Siap Kerja Karirhub.

"Kementerian Ketenagakerjaan sudah memiliki KarirHub (karirhub.kemanaker.go.id) sebagai salah satu layanan ketenagakerjaan yang terdapat dalam aplikasi Siap Kerja pada portal kemnaker.go.id yang berhubungan dengan informasi lowongan pekerjaan," katanya.

Karirhub merupakan portal yang memberikan informasi pasar kerja sebenarnya dan bukan berita bohong yang dipublikasikan oleh perusahaan yang bersangkutan.

"Sehingga pencari kerja mendapatkan informasi pasar kerja yang benar dan tidak tertipu oleh oknum-oknum yang menjanjikan sesuatu kepada para pencari kerja," ucapnya.

Rici berharap para pencari kerja asal Kabupaten Bekasi dapat bersaing di pasar kerja dengan kemampuan dan kesiapan yang dimiliki secara matang.

"Harapan kami, para pencari kerja di sini siap memasuki pasar kerja dengan modal kelebihan soft skill dan hard skill yang dimiliki," kata dia.

Baca juga: Kemnaker perkuat kebijakan pasar tenaga kerja antisipasi 2023
Baca juga: Kemnaker siapkan rancangan pengembangan sistem informasi pasar kerja


 

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023