Kami akan membantu saat kendaraan itu kembali ke Jayapura namun harus konvoi untuk memudahkan membantu melintasi kubangan
Jayapura (ANTARA) - Balai Pembangunan Jalan Negara (BPJN) Wamena menutup sementara Trans Papua ruas jalan Jayapura-Wamena karena rusak dan segera dilakukan perbaikan.

Kepala BPJN Wamena Zepnat Kambu di Jayapura, Jumat, mengatakan penutupan dilaksanakan mulai Jumat ini setelah Kamis (16/3) kendaraan yang sempat terjebak di ruas jalan tersebut berhasil ditarik keluar kubangan lumpur dan tercatat ada sekitar delapan lubang.
 
Sebanyak 300 kendaraan yang terdiri atas truk dan kabin dobel yang membawa berbagai barang sudah melanjutkan perjalanan ke berbagai wilayah di Provinsi Papua Pegunungan, kata Zepnat Kambu.
 
Diakui, ada 10 titik yang mengalami kerusakan yakni berada di kilometer 416 hingga kilometer 428.
 
Sekitar 90 persen kendaraan sudah keluar namun masih terdapat 20 kendaraan yang tertahan karena mengalami kerusakan akibat mengangkut barang yang berlebihan.
 
Memang benar masih ada 20 kendaraan yang tidak bisa melanjutkan perjalanan akibat mengalami kerusakan.

Baca juga: Bupati Bintuni minta bantuan Kodam Kasuari lanjutkan proyek jalan

Baca juga: BPJN Wamena akan tutup sementara Trans Papua ruas Jayapura-Wamena
 
Saat ini pihaknya sedang melakukan persiapan untuk memperbaiki ruas jalan tersebut yang diperkirakan selesai bulan April 2023.
 
Ketika ditanya tentang kendaraan yang ingin kembali ke Jayapura, Kambu mengaku mereka akan konvoi saat melintas dari Kabupaten Yalimo ke Jayapura.
 
"Kami akan membantu saat kendaraan itu kembali ke Jayapura namun harus konvoi sehingga memudahkan saat membantu melintasi kubangan yang ada di ruas jalan tersebut mengingat curah hujan tinggi sehingga kondisi jalan mudah rusak," jelas Zepnat Kambu.
 
Ruas jalan Trans Papua poros Jayapura-Wamena sepanjang 575 km melewati Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Keerom, Yalimo dan Kabupaten Jayawijaya.

Baca juga: 150 Kendaraan terjebak di jalan Trans Papua ruas Jayapura-Wamena

Baca juga: Kementerian PUPR siap lelang Proyek Jalan Trans Papua pada November
 
 

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023