Kunming (ANTARA) - Sebuah tim peneliti di Provinsi Yunnan, China barat daya, mengatakan bahwa mereka menemukan komunitas hutan monsun tropis Pterocymbium macranthum, yang menandai kali pertama genus ini ditemukan di China.

Spesies pohon itu ditemukan di Cagar Alam Nasional Xishuangbanna, yang dikenal dengan ekosistem hutan hujannya yang terpelihara dengan baik.

Pterocymbium macranthum memiliki bunga dengan campuran gradasi oranye-kuning hingga oranye-merah, serta batang yang tingginya dapat mencapai 35-45 meter, menurut Tan Yunhong, seorang profesor di Kebun Raya Tropis Xishuangbanna dari Akademi Ilmu Pengetahuan China (CAS).

"Pterocymbium macranthum sebagian besar tersebar di negara-negara Asia Tenggara, seperti Myanmar dan Thailand. Kami berspekulasi bahwa Pterocymbium macranthum kemungkinan juga ditemukan di Xishuangbanna, dan penemuan itu mengonfirmasi hal ini," papar Tan.

Dengan nilai penelitian dan konservasi yang tinggi, Pterocymbium macranthum menunjukkan kekayaan keanekaragaman hayati hutan hujan tropis di China. Selanjutnya, cagar alam tersebut akan melakukan investigasi mendalam terhadap persebaran populasi tumbuhan itu, kualitas habitat, dan status konservasinya.


Pewarta: Xinhua
Editor: Anton Santoso
Copyright © ANTARA 2023