Jadi nanti bisa mengajarkan mahasiswa tentang keilmuan sesuai bidangnya masing-masing, sehingga mahasiswa bisa langsung mendapatkan ilmu-ilmu yang lebih luas lagi
Bengkulu (ANTARA) - Universitas Bengkulu bekerja sama dengan 16 lembaga yang ada di Provinsi Bengkulu berupaya meningkatkan mutu Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)

"Hari ini (Senin) Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisipol) Universitas Bengkulu dengan lembaga instansi terkait, instansi pemerintah maupun non-pemerintah, menandatangani kerja sama mendukung proses pembelajaran mahasiswa meningkatkan keterampilan dan keahlian," kata Dekan Fisipol Universitas Bengkulu Dr Yunilisiah di Bengkulu, Senin.

Menurut dia, banyak hal yang didapat para mahasiswa dengan bentuk kerja sama tersebut diantaranya mahasiswa mendapatkan pengalaman langsung bekerja dan menerapkan ilmu yang telah didapat di kampus.

Kemudian, lanjutnya, para mahasiswa Fisipol Universitas Bengkulu yang ditempatkan di 16 lembaga tersebut juga bisa langsung merasakan dunia kerja yang sesungguhnya, sehingga ketika menyelesaikan studi sudah isap masuk ke dunia kerja.

Tidak hanya penempatan magang di lembaga, Yuni mengatakan dengan adanya kerja sama itu para praktisi yang memiliki kompetensi di bidangnya masing-masing nantinya juga akan mengajar di Fisipol Universitas Bengkulu.

Baca juga: Kemendikbudristek: Lulusan Kampus Merdeka lebih cepat dapat kerja

"Jadi nanti bisa mengajarkan mahasiswa tentang keilmuan sesuai bidangnya masing-masing, sehingga mahasiswa bisa langsung mendapatkan ilmu-ilmu yang lebih luas lagi," katanya.

Lembaga yang diajak bekerja sama diantaranya seperti Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Bengkulu, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Bengkulu, Komisi Penyiaran Bengkulu, LKBN Antara Bengkulu, AJI, serta sejumlah media lokal yang ada di Bengkulu.

Kepala Kantor LKBN Antara Biro Bengkulu Helti Marini Sipayung menyambut baik kerja sama tersebut dan optimis hal itu menjadi langkah awal untuk meningkatkan kualitas para generasi muda yang saat ini menempuh pendidikan di Universitas Bengkulu.

"Di tahun-tahun sebelumnya kami kesulitan mendapatkan para sarjana yang benar-benar berkualitas dan memiliki karakter survive di dunia kerja. Semoga dengan program ini, lulusan ke depannya lebih berkualitas dan memiliki semangat, serta mau survive di dunia kerja," ujarnya.

Baca juga: Kemendikbudristek: MBKM asah kemampuan nonteknis mahasiswa

Pewarta: Boyke Ledy Watra
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023