Jakarta (ANTARA) - Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah menerima gelar profesor bidang pengelolaan sumber daya alam dan pembangunan berkelanjutan dari Pemerintah Korea Selatan lewat Universitas Jungwon.

"Praktik baik yang telah dilaksanakan di Provinsi Bengkulu berhasil mengeluarkan kebijakan pemerintah yang bersifat kontributif atas inisiatif dari masyarakat," kata Gubernur Rohidin Mersyah di Bengkulu, Jumat. Hal itu, lanjutnya, membuat setiap program berjalan dengan maksimal dan bahkan mendapatkan berbagai apresiasi dari berbagai pihak di tingkat nasional.
 
Dalam pemberian gelar itu, tim dari Pemerintah Korea Selatan telah memilih profil berbagai tokoh di Indonesia yang dinominasikan untuk menerima gelar guru besar kehormatan atas inisiasi, kontribusi, dan prestasi, yang sudah dilaksanakan. Acara dipimpin langsung oleh Rektor Universitas Jungwon Profesor Yunwon Hwang PhD yang merupakan seorang ahli kebijakan publik.
 
Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah terpilih atas pertimbangan berbagai kontribusi mulai dari bidang pendidikan atas rekam jejak prestasi akademik yang dinilai dari sekolah menengah atas sebagai juara umum, sampai gelar mahasiswa terbaik berprestasi di Universitas Gadjah Mada (UGM), hingga S2 dan S3 di Institut Pertanian Bogor (IPB), di samping keterlibatan aktif sebagai dosen dan kontribusi terhadap berbagai kajian penelitian pada skala nasional dan internasional.

Baca juga: Gubernur Bengkulu: Proses hukum harus ditegakkan
 
Sejak 2005 sampai sekarang Rohidin dari 2005 telah menghasilkan sembilan publikasi ilmiah dan berbagai karya tulis, delapan buku dengan berbagai tema, dan puluhan artikel opini yang dimuat diberbagai media.
 
Pertimbangan khusus lainnya dari Universitas Jungwon adalah komitmen antara disiplin ilmu yang dimiliki dengan implementasi pembangunan dan totalitas program yang dieksekusi, dan menghasilkan berbagai prestasi untuk  Bengkulu.
 
Universitas Jungwon berharap pemberian gelar guru besar tersebut semakin meningkatkan peran dan kontribusi Gubernur Rohidin Mersyah dalam meningkatkan ilmu pengetahuan dan teknologi, meningkatkan reputasi sebagai tokoh nasional berkelas internasional.
 
Kemudian meningkatkan kerja sama yang produktif antara Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu Indonesia dengan Busan Korea Selatan, terutama dalam kebijakan pengelolaan sumber daya alam, pengembangan sektor pertanian, dan perencanaan pembangunan berkelanjutan.

Baca juga: Megawati dapat gelar profesor kehormatan tertinggi dari SIA Korsel
Baca juga: Rakyat Korea Selatan menaruh harap pada Megawati soal perdamaian



 

Pewarta: Boyke Ledy Watra
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023