Jakarta (ANTARA) -
Yayasan Kehati bersama Yayasan Orangutan Sumatera Lestari - Orangutan Information Centre (OIC) dengan dukungan The Body Shop Indonesia mengajak generasi muda, khususnya Gen Z untuk terlibat aktif melestarikan orangutan lewat kampanye Peduli Orangutan Tapanuli 2023.
 
Kampanye berupa roadshow ke sejumlah kampus yakni Universitas Sumatera Utara, IPB dan Universitas Multimedia Nusantara (UMN).

"Pengetahuan dan kemauan untuk terlibat pada konservasi satwa di Indonesia harus dimiliki oleh seluruh generasi muda dari berbagi lintas keilmuan dan jurusan. Tentunya mahasiswa Universitas Multimedia Nusantara dapat berbuat banyak melalui kampanye digital dan program kewirausaan berkelanjutan," kata Direktur Eksekutif Yayasan Kehati Riki Frindos dalam siaran pers, Senin.

Baca juga: Perjumpaan “Susi” Dengan Bayinya Di Kawasan Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya
 
Sementara itu Deputy Head of Communication Science Department UMN Irwan Fakhruddin mengatakan bahwa kegiatan ini memberikan pengalaman tersendiri bagi mahasiswa UMN. Dengan pengetahuan yang sudah didapat, mahasiswa ke depannya diharapkan dapat terlibat aktif dalam kampanye pelestarian orangutan Tapanuli dan satwa lainnya di Indonesia.
 
"Tantangan sesungguhnya adalah bagaimana membumikan pesan terkait konservasi terutama kepada khalayak sasaran Gen Z. Pesan ini harus dikemas dalam bahasa sederhana, membumi, relate dengan Gen Z, dan memberikan sensasi eksperiental yang akan membuat mereka dengan sendirinya ikut ambil bagian dalam kampanye yang dijalankan," kata Irwan.
 
Irwan yakin kegiatan roadshow ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa UMN dan menjadi langkah awal dalam mengambil peran sebagai pemecah masalah yang dapat memberikan dampak untuk kebaikan.

Baca juga: BKSDA Kalbar lepasliarkan orangutan di TN Kedamin

Dikaitkan dengan dunia bisnis, The Body Shop yang juga hadir pada acara talkshow ini mengingatkan nilai-nilai yang diusung pendiri The Body Shop Anita Roddick, bahwa inti dari sebuah bisnis seharusnya bukanlah mengenai uang dan keuntungan, melainkan mengenai tanggung jawab. Sebuah bisnis seharusnya menjadi kebaikan untuk semua orang, bukan kepuasan pribadi.

"Melalui roadshow orangutan Tapanuli bersama Kehati, kami berharap awareness ini juga sampai ke anak muda yang merupakan agen perubahan dan nantinya dapat menjadi sebuah langkah awal bagi anak muda untuk lebih terlibat dan memulai pergerakan nyata," kata Corporate Values Manager The Body Shop Indonesia, Dita Agustia.
 
The Body Shop Indonesia aktif mendukung program konservasi orangutan Tapanuli sejak tahun 2016, dan program mitigasi perubahan iklim sejak tahun 2022.

Baca juga: Otorita IKN kembangkan pusat suaka orang utan di Kalimantan Timur

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023