Jakarta (ANTARA) -
Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman diangkat menjadi keluarga kehormatan Kesultanan Bangkalan Madura, Jawa Timur, dengan gelar Dr. H. Mas Panji Dudung Abdurachman Suryoadiningrat yang bermakna pemimpin bangsa yang baik dan bijaksana.
 
Pengangkatan dan pemberian gelar tersebut digelar dalam upacara yang dihadiri para tokoh adat dan tokoh Kesultanan Bangkalan, di Pendopo Agung, Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur, Senin.

Dalam sambutannya, Dudung menyampaikan pengangkatannya sebagai keluarga kehormatan Kesultanan Bangkalan merupakan kehormatan bagi dia dan keluarganya.

Baca juga: Kasad salurkan 3.000 paket bansos untuk warga terdampak gempa Cianjur
 
“Ini merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan bagi saya beserta keluarga karena pengangkatan ini merupakan suatu amanah yang sakral dan memiliki makna luar biasa yang harus dijaga serta dipertanggungjawabkan," ujar Kasad dalam siaran pers Dispenad yang diterima di Jakarta.

Dudung menambahkan terkait dengan pengangkatan tersebut, dia memandang adat istiadat yang dimiliki Kesultanan Bangkalan memang sepatutnya terus dipertahankan sebagai tradisi dan budaya khas Kabupaten Bangkalan yang erat dengan nilai sejarah.
 
Dalam kesempatan tersebut, Dudung didampingi oleh Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana Rahma Dudung Abdurachman. Mereka dengan khidmat mengikuti rangkaian prosesi upacara yang diawali dengan pembacaan Surat Keputusan Pengangkatan Kasad sebagai Keluarga Kehormatan Kesultanan Bangkalan oleh Perwakilan Kesultanan Bangkalan.
 
Prosesi pengangkatan kemudian dilanjutkan dengan pemasangan tongkos atau penutup kepala khas Bangkalan, bintang Arisbanggi, pemasangan kain sawir, dan penyerahan keris kepada Kasad oleh Raden Panji Abdul Hamid Mustari Cakraadiningrat selaku generasi ke-6 Sultan Raden Abdul Kadirun sekaligus Ketua Yayasan Kesultanan Bangkalan (YKB).
 
Dalam kesempatan yang sama, Pelaksana Tugas (Plt.) Bupati Bangkalan Mohni saat memberikan sambutan menyampaikan penyematan gelar terhadap Dudung juga menjadi anugerah dan kebanggaan bagi masyarakat Bangkalan.
 
“Dengan dianugerahkannya gelar keluarga kehormatan Kesultanan Bangkalan ini, Bapak Jenderal TNI Dudung Abdurachman bukan hanya menjadi bagian dari keluarga besar Kesultanan, melainkan juga menjadi keluarga besar bagi masyarakat Bangkalan,“ ujarnya.
 
Usai rangkaian pengangkatan itu, Dudung menandatangani Prasasti Renovasi Pesarean Sultan Raden Abdul Kadirun. Kemudian, ia menuju Lapangan Kerapan Sapi H. R.P. Moh. Noer Bangkalan dengan menaiki kereta kencana untuk menyaksikan Lomba Karapan Sapi Piala Kasad.

Baca juga: Kasad beri perhatian kepada warga Subang penderita lumpuh
Baca juga: Kasad perkuat kerja sama militer dengan Brunei Darussalam
Baca juga: Kasad tegaskan TNI AD harus mampu lindungi keamanan IKN

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2023