ini adalah bentuk perhatian Pemerintah Pusat
Samarinda (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur menyerahkan bantuan bahan makanan pokok untuk kebutuhan masyarakat terdampak banjir di Kecamatan Long Kali, Kabupaten Paser.

Bantuan diserahkan oleh perwakilan Dinas Sosial Provinsi Kaltim kepada Sekretaris Camat Long Kali untuk diteruskan kepada para korban.

"Adapun korban terdampak banjir yang terdata di Kecamatan Long Kali sebanyak 12 Desa, 906 Kepala Keluarga dan 1.590 Jiwa," kata Kepala Bidang Linjamsos Dinas Sosial Kaltim, Achmad Rasyidi di Samarinda, Senin.

Selain bantuan logistik, pihaknya telah berkoordinasi dengan BPBD Provinsi Kaltim untuk mendirikan dapur umum, demi membantu masyarakat Long Kali.

"Dapur umum ini dikelola oleh relawan Tagana. Mereka dengan cepat menyiapkan makanan yang disalurkan melalui Ketua RT setempat," jelasnya.

Baca juga: IDI Paser galang dana sekaligus asesmen kesehatan korban banjir
Baca juga: Banjir di Paser Kaltim merendam 913 hektare lahan pertanian

Berdasarkan informasi, bencana banjir di wilayah Long Kali ini telah melanda sejak tanggal 17 Maret 2023 hingga sekarang. Banjir disebabkan curah hujan dengan intensitas tinggi serta diperparah dengan kondisi air sungai pasang.

Adapun jenis bantuan logistik yang disalurkan bersumber dari APBD Provinsi Kaltim dengan rincian sebagai berikut yakni 200 dus mie instan, 200 kg gula pasir, 400 kaleng kornet, 200 kaleng susu kental manis, 400 botol minyak makan 1 liter, 200 sak beras (5 kg) dan 200 kue kaleng.

Selain itu, bantuan juga diberikan oleh Kementerian Sosial Republik Indonesia yang bersumber dari APBN dengan rincian sebagai berikut, 200 paket makanan siap saji, 300 paket lauk pauk siap saji, 200 paket makanan anak siap saji, 50 pcs tenda gulung, 100 pcs selimut, 20 paket kid ware.

"Penyaluran bantuan ini adalah bentuk perhatian Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur dalam penanganan korban bencana banjir di wilayah Kecamatan Long Kali, Kabupaten Paser, " jelasnya.

Baca juga: Banjir menggenangi 135 rumah warga di Penajam Paser Utara
Baca juga: Curah hujan tinggi sepekan, 15 desa di Paser Kaltim terendam banjir

 

Pewarta: Arumanto
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023