Bulan Ramadhan merupakan waktu yang tepat bagi anak-anak untuk meningkatkan pengetahuan tentang Islam. Orang tua bisa menggunakan buku cerita bertema Ramadhan atau kisah-kisah lainnya
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) mengingatkan kepada masyarakat bahwa bulan suci Ramadhan merupakan momentum yang tepat untuk meningkatkan komunikasi antar-anggota keluarga.

"Bulan Ramadhan efektif untuk meningkatkan komunikasi keluarga, mengingat banyak kesempatan yang dapat digunakan untuk saling berinteraksi, seperti pada saat sahur dan menunggu saat buka puasa bersama," kata Plt Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Anak, Perempuan, dan Pemuda Kemenko PMK Didik Suhardi di Jakarta, Selasa.

Didik menjelaskan kebersamaan tersebut dapat diisi dengan memperdalam ilmu agama, mengajarkan anak untuk disiplin berpuasa, dan hal-hal positif lainnya.

"Misalkan memberikan target bagi anak untuk dapat khatam Al Quran selama bulan Ramadhan," katanya.

Dia menambahkan orang tua juga dapat memberikan edukasi atau bimbingan kepada anak-anak mengenai pentingnya meningkatkan kualitas keluarga.

"Beri pengertian pada anak mengenai manfaat sahur bersama, sholat dan mengaji bersama, serta berbuka puasa bersama dan tarawih bersama untuk meningkatkan kualitas hubungan antaranggota keluarga," katanya.

Baca juga: Akademisi: Ramadhan momentum tingkatkan dan tebarkan kebaikan

Didik juga mengatakan orang tua perlu memanfaatkan momentum bulan suci Ramadhan untuk melakukan berbagai kegiatan yang dapat membentuk karakter anak.

Pembentukan karakter anak, kata dia, dapat dilakukan dengan cara mengajak anak disiplin dalam menjalankan ibadah juga mengajak anak untuk melakukan kegiatan sosial.

"Contohnya memberikan makanan berbuka untuk orang lain, memberikan zakat, dan mengajarkan anak agar dapat memahami perbedaan jika ada teman atau orang lain yang tidak berpuasa," katanya.

Didik juga mengatakan orang tua bisa mengajak anak belajar dan berdiskusi bersama, salah satunya mengenai nilai-nilai Islam dengan menjelaskan mengenai pentingnya berpuasa menggunakan bahasa yang sederhana.

"Orang tua juga bisa mengajak anak berdialog dan bercerita mengenai keluh kesah anak agar tercipta komunikasi keluarga yang efektif," katanya.

Kemudian dia juga mengatakan bahwa orang tua bisa mengajak anak untuk membaca buku bersama, terutama buku-buku yang dapat meningkatkan pengetahuan tentang Islam.

"Bulan Ramadhan merupakan waktu yang tepat bagi anak-anak untuk meningkatkan pengetahuan tentang Islam. Orang tua bisa menggunakan buku cerita bertema Ramadhan atau kisah-kisah lainnya," kata Didik.

Baca juga: Wakil Ketua MPR: Bulan Ramadhan momentum introspeksi diri

 

Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023