Cianjur (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Cianjur di Provinsi Jawa Barat menyalurkan bantuan pangan kepada korban gempa bumi untuk meringankan beban mereka selama menunaikan ibadah puasa pada bulan Ramadhan.

"Kami sudah salurkan bantuan pangan (bagi) warga korban gempa selama puasa melalui dinas penghubung di masing-masing desa dan kecamatan," kata Bupati Cianjur Herman Suherman di Cianjur, Rabu.

Dalam sepekan terakhir, ia mengatakan, bantuan bahan pangan berupa beras, minyak goreng, gula, dan tepung terigu disalurkan kepada warga yang harus tinggal di tenda dan hunian darurat karena rumah mereka rusak akibat gempa pada 21 November 2022.

Selain itu, Bupati menyampaikan bahwa bantuan perbaikan rumah tahap pertama dan kedua sudah dikucurkan dan sekitar 15 ribu warga yang terdampak gempa sudah mulai membangun kembali rumah mereka.

Harapannya, ia mengatakan, pembangunan rumah mereka bisa segera diselesaikan dan mereka sudah bisa menempati rumah pada pertengahan bulan puasa.

"Untuk bantuan tahap III dan IV bagi 45 ribu warga korban bencana lainnya semoga (bantuan) dapat segera cair, sehingga mereka dapat segera membangun kembali rumahnya," kata Herman.

"Pemerintah daerah akan terus membantu warga untuk segera mendapatkan haknya," ia menambahkan.

Di antara warga yang rumahnya rusak akibat gempa, masih ada yang belum mendapat bantuan dari pemerintah untuk membangun kembali rumah mereka.

"Mungkin harus seperti ini, pada bulan Ramadhan tahun ini, kami merasakan berpuasa di dalam tenda," kata Yudiansah, warga yang terdampak gempa di Desa Nagrak.

Warga Desa Sarampad, Udin Hotidin, juga bersiap melaksanakan ibadah Ramadhan di hunian darurat karena belum bisa membangun kembali rumah yang rusak akibat gempa.

"Puasa tahun lalu kami menjalankan ibadah dengan nyaman di dalam rumah dan tarawih di masjid jamik kampung ini. Namun, tahun ini kami terpaksa menjalankan ibadah puasa di dalam hunian dan masjid darurat," katanya.

Korban gempa yang masih tinggal di tenda atau hunian darurat berharap pemerintah segera mengucurkan bantuan agar mereka bisa segera membangun kembali rumah yang rusak akibat bencana alam.

Mereka juga berharap masjid dan tempat ibadah yang ambruk akibat gempa bumi segera dibangun kembali.

Baca juga:
BPBD Cianjur catat belasan hunian darurat rusak akibat banjir
Pekan ini 200 rumah di daerah relokasi korban gempa Cianjur dapat dihuni

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2023