Pekanbaru (ANTARA) - Prakirawan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru, Ahmad Agus Widodo, mengatakan sebagian wilayah Riau pada sore hingga malam berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang yang terjadi tidak merata di sebagian besar provinsi itu.

"Berlanjut hingga dini hari berpotensi hujan dengan intensitas ringan yang tidak merata terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Kampar, Rokan Hulu, Rokan Hilir, Bengkalis, Pelalawan, Kuantan Singingi, Indragiri Hilir, dan Kota Pekanbaru," katanya dalam keterangannya di Pekanbaru, Jumat.

Di Kota Pekanbaru, kata dia, misalnya pada Jumat (24/3) pukul 16.00 WIB diprediksi hujan ringan dengan suhu 28 derajat Celsius dan kelembaban 85 persen dan pukul 19.00 WIB diprakirakan hujan ringan dengan suhu 24 derajat Celsius serta kelembaban 95 persen.

"Di Kota Pekanbaru pada pukul 22.00 WIB diprediksi berawan dengan suhu 24 derajat Celcius serta kelembaban 100 persen," katanya.

Kemudian Kecamatan Rumbio Jaya Kampar, Kabupaten Kampar, pukul 16.00 WIB diprediksi hujan ringan dengan suhu mencapai 30 derajat Celsius serta kelembaban 75 persen, sedangkan di Kecamatan Gaung Kab Indragiri Hilir pukul 16.00 WIB kondisi cuaca cerah berawan dengan suhu 26 derajat Celsius dan pukul 19.00 WIB diperkirakan hujan ringan. 

Baca juga: BMKG prakirakan hujan turun di sejumlah daerah di Indonesia

Rata-rata daerah di Riau, lanjut dia, mengalami cuaca panas terik dipicu tekanan rendah dari Laut China Selatan yang menarik massa udara di wilayah Riau.

"Waspada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang terjadi di sebagian wilayah Kampar, Rokan Hulu, Indragiri Hilir, dan Siak, pada sore dan malam hari," katanya.

Sedangkan untuk suhu udara berada diantara 23.0 – 33.0 derajat Celsius dengan kelembapan udara antara 55 – 99 persen dan angin bertiup dari Barat menuju Utara dengan kecepatan 10 – 30 km per jam.

"Prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0,50 – 1,25 meter atau rendah," sebutnya.

Sementara itu untuk titik panas di wilayah Sumatera terdeteksi sebanyak 32 titik, yakni Sumatera Selatan (3), Sumatera Barat (2), Jambi (6), Lampung (1), Bangka Belitung (8), Kepulauan Riau (5), dan Riau (7). 

"Adapun tujuh titik panas ini terdeteksi di Bengkalis tiga, Kepulauan Meranti, Pelalawan, Indragiri Hilir dan Indragiri Hulu masing-masing satu titik panas," demikian Ahmad Agus. 

Baca juga: BMKG: Empat titik panas terdeteksi di Riau

Pewarta: Frislidia
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023