Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Bupati Sigi, Sulawesi Tengah  Mohamad Irwan meminta Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Sigi agar meningkatkan perannya untuk membantu pemerintah daerah setempat dalam hal penanggulangan kemiskinan.

"Sebagai lembaga pemerintah non struktural, saya berharap Baznas dapat membantu pemerintah mengentaskan kemiskinan," ucap Mohamad Irwan di Sigi, Jumat, dalam pelantikan pengurus Baznas Sigi.

Bupati Sigi melantik Hady Wijaya, Ilham Pakebibo, Niswati Madrika dan Ramli Juhari Tuboan, sebagai pengurus Baznas Kabupaten Sigi periode 2023 - 2028.

"Dan kepada pengurus yang dilantik hari ini, saya percaya dan yakin dapat menjaga amanah dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya," ujarnya.

Pelantikan tersebut berlangsung di Aula Kantor Bupati Sigi, di Desa Kotarindau, Kecamatan Dolo.

Kepada pengurus tersebut, Bupati meminta agar membantu pemerintah daerah untuk menangani kesenjangan sosial melalui pengelolaan zakat yang amanah dan akuntabel.

Menurut data Badan Pusat Statistik, persentase penduduk miskin di Kabupaten Sigi pada tahun 2020 sebesar 12,45 persen, naik menjadi 13,05 persen pada 2021, tetapi turun lagi menjadi 12 persen pada 2022.

"Oleh karena itu, kolaborasi Baznas dan pemerintah akan semakin meningkatkan tanggungjawab untuk mengawal pengelolaan zakat yang berasaskan syariat Islam, amanah, kemanfaatan, keadilan, berintegritas dan akuntabel," kata dia.

Menurut dia, Baznas harus hadir di tengah masyarakat dan mengambil peran sebagai perpanjangan tangan penerima manfaat zakat.

Untuk memaksimalkan hal itu, kata dia, Baznas harus berperan aktif dalam mengedukasi masyarakat, ASN dalam instansi pemerintah daerah dan lembaga-lembaga masyarakat yang ada di Kabupaten Sigi dalam hal literasi zakat secara berkelanjutan.

"Tentunya semua dapat terwujud dengan sinergitas dan kolaborasi yang solid antara pemerintah daerah dan Baznas," jelasnya.
Bupati Sigi Mohamad Irwan menyampaikan sambutan pada pelantikan pengurus Baznas Kabupaten Sigi Periode 2023 - 2028, berlangsung di Sigi, Jumat. (ANTARA/HO-Dok Prokopim Setda Pemkab Sigi)






 

Pewarta: Muhammad Hajiji
Editor: Maswandi
Copyright © ANTARA 2023