Jakarta (ANTARA) -
Lima berita politik pada hari Jumat (24/3) yang masih menarik untuk dibaca dan menjadi perhatian publik, mulai dari Pemerintah ubah cuti bersama Lebaran 2023 hingga Presiden kantongi nama calon Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora).
 
Klik di sini untuk berita selengkapnya
 
1. Pemerintah ubah cuti bersama Lebaran jadi 19—25 April 2023
 
Pemerintah mengubah jadwal cuti bersama Lebaran 2023 dari sebelumnya 21—26 April 2023 menjadi 19—25 April 2023.
 
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan bahwa perubahan jadwal cuti bersama Lebaran itu diputuskan dalam rapat terbatas mengenai persiapan arus mudik yang dipimpin langsung Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat.
 
Selengkapnya di sini
 
2. Pemerintah imbau perusahaan tunaikan THR selambatnya 18 April 2023
 
Pemerintah mengimbau seluruh perusahaan untuk menunaikan pemberian tunjangan hari raya (THR) Idulfitri 1444 Hijriah kepada para pekerja selambatnya pada tanggal 18 April 2023.
 
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan imbauan pemberian THR itu juga dibahas dalam rapat terbatas terkait persiapan arus mudik yang dipimpin Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat.
 
Selengkapnya di sini
 
3. Mendagri minta kepala daerah tiadakan buka bersama
 
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian meminta para kepala daerah untuk meniadakan buka puasa bersama selama bulan puasa tahun ini bagi seluruh perangkat daerah dan pegawai di instansi perangkat daerah.
 
"Diminta kepada gubernur, bupati/wali kota untuk meniadakan kegiatan buka puasa bersama pada bulan suci Ramadhan 1444 Hijriah bagi seluruh perangkat daerah dan pegawai di instansi perangkat daerah," kata Tito, sebagaimana dikutip dari Surat Edaran Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Nomor 100.4.4/1768/SJ tentang Penyelenggaraan Buka Puasa Bersama yang ditandatangani oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemendagri Suhajar Diantoro di Jakarta, Jumat.
 
Selengkapnya di sini
 
4. Presiden Jokowi sudah kantongi nama calon Menpora
 
Ketua Umum Partai Golkar yang juga Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan telah menyerahkan nama-nama kader partainya yang diajukan sebagai calon Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora).
 
"Sudah ada di kantong beliau (Presiden Jokowi)," kata Airlangga di lingkungan Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat.
 
Selengkapnya di sini
 
5. Ketua MPR desak Pemerintah menambah kekuatan TNI/Polri di Papua
 
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mendesak Pemerintah untuk menambah kekuatan personel aparat gabungan TNI dan Polri di Papua.
 
"Mendesak pemerintah pusat bersama aparat gabungan TNI/Polri menambah jumlah personel untuk memperkuat dan meningkatkan pengamanan di wilayah Papua, dan memutus mata rantai kebutuhan pokok bagi kelompok kriminal bersenjata (KKB)," kata Bamsoet, sapaan akrab Ketua MPR RI, dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat.
 
Selengkapnya di sini

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2023