Tangerang (ANTARA) - Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah meminta seluruh Aparatur Sipil Negara yang beragama Islam di lingkup Pemerintah Kota Tangerang untuk menyegerakan pembayaran zakat agar bisa segera didistribusikan kepada yang berhak serta meringankan beban mereka.

"Saya minta kepada teman-teman semua untuk menyegerakan membayar zakat tanpa harus menunggu dekat hari raya, agar dapat didistribusikan kepada para mustahik sehingga mereka dapat menjalankan ibadah puasa dengan tenang dan khusyuk," kata Wali Kota Arief saat memberikan arahan dalam kegiatan Pengajian Pegawai Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang pada Ramadhan 1444 Hijriah, yang diselenggarakan di Masjid Raya Al-Azhom, Senin.

Selain itu, Wali Kota Arief juga meminta seluruh pegawai yang beragama Islam di lingkup Pemkot Tangerang untuk ikut aktif dalam kegiatan keagamaan serta memakmurkan dan menjadikan masjid sebagai pusat peradaban umat.

Baca juga: Baznas Kota Tangerang tetapkan nilai zakat fitrah Rp45.000 tahun ini

"Minta tolong ya, di sela-sela kesibukan dan rutinitas kerja teman-teman semua agar ikut kegiatan di masjid. Bantu sosialisasikan program-program pemkot dan ikut bantu juga memantau dan mengusulkan jika ada warga di sekitar masjid yang perlu dibantu. Jadi, tidak hanya memakmurkan masjid tetapi juga memakmurkan warga sekitar masjid," ujarnya.

Ia juga berpesan kepada para pegawai di lingkup Pemkot Tangerang agar dapat memberikan contoh sekaligus menjadi teladan yang baik bagi masyarakat.

"Harus bisa jadi panutan dan selalu sebarkan nilai-nilai kebaikan. Ikuti pengajian atau kajian keagamaan dan tanamkan nilai-nilainya dalam kehidupan sehari-hari. Insya Allah akan bermanfaat bagi kehidupan bermasyarakat, bernegara serta di akhirat kelak," katanya.

Baca juga: Baznas Kota Tangerang salurkan 240 paket sembako bantuan Raja Salman

Sementara itu, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Tangerang menargetkan jumlah pengumpulan zakat, infak, dan sedekah selama bulan Ramadhan 2023 sebesar Rp6 miliar.

"Target untuk Ramadhan tahun ini sebesar Rp6 miliar, meningkat dari sebelumnya yang hany sebesar Rp3 miliar," kata Ketua Baznas Kota Tangerang M Aslie Elhusyairy

Ia mengatakan Baznas Kota Tangerang telah mengadakan pelatihan Digital Fundraising atau pengumpulan dana memanfaatkan sistem digital selama bulan Ramadhan dengan peserta mahasiswa penerima beasiswa serta relawan

Pelatihan ini diharapkan dapat memberikan ilmu dan manfaat buat para peserta dan membuka kesempatan kepada mahasiswa dan relawan untuk turut berkontribusi mensyiarkan dakwah zakat di Kota Tangerang.

Baca juga: Baznas sebut 1000 masjid di Kota Tangerang peroleh izin kelola zakat

"Pelatihan ini diikuti 60 peserta yang merupakan mahasiswa penerima Beasiswa Cendekia Baznas Kota Tangerang dan Relawan Berkah Berzakat yang akan membantu pengumpulan dan penyaluran zakat Ramadhan 1444 Hijriah di Baznas Kota Tangerang," ujarnya.
 

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023