Kami telah berkoordinasi dengan Pemkot Pangkalpinang untuk mengadakan Bazar Ramadhan ini.
Pangkalpinang (ANTARA) - Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (KUKM) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) segera menggelar Bazar Ramadhan UMKM di Kota Pangkalpinang, untuk mendorong usaha mikro kecil menengah di daerah ini.

"Kami telah berkoordinasi dengan Pemkot Pangkalpinang untuk mengadakan Bazar Ramadhan ini," kata Kepala Bidang Pengembangan Usaha Kecil Dinas KUKM Provinsi Kepulauan Babel Muslim El Hakim Kurniawan, di Pangkalpinang, Senin.

Ia mengatakan kegiatan Semarak Bazar Ramadhan UMKM akan dimulai pada 30 Maret sampai dengan 12 April 2023 dengan jam buka puul 13.00 WIB hingga sekitar pukul 19.00 WIB di Taman Sari Kota Pangkalpinang, sehingga dapat mendorong perekonomian masyarakat di ibu kota provinsi ini.

"Bazar ini tidak hanya diikuti oleh UMKM, tetapi juga komunitas atau asosiasi UMKM khususnya yang ada di Kota Pangkalpinang," katanya pula.

Dia menyatakan selama bazar ini tidak hanya stan makanan, tetapi panggung Taman Wilhemina atau Taman Sari juga akan diisi penampilan band-band anak muda maupun grup nasyid.

"Nanti di jalan kami sediakan sekitar 28-30 tenda kecil untuk UMKM dan di taman sekitar 8-10 tenda besar untuk komunitas dan asosiasi UMKM. Untuk tenda kecil sendiri bisa diisi 2 stan dan tenda besar bisa disi 3-4 stan lalu mereka juga bisa sistem titip barang sehingga produknya akan lebih banyak," katanya lagi.

Menurut dia, saat ini pihaknya sudah memperoleh izin dari Dinas Lingkungan Hidup setempat terkait penyelenggaraan kegiatan dan sedang mengurus izin penggunaan jalan ke polres sesuai saran dari dari Dishub daerah ini.

"Kami sudah mengadakan rapat bersama dinas terkait dan juga peserta bazar. Pada rapat itu kami sudah membuat kesepakatan terkait kebersihan serta keamanan barang seperti meja dan kursi," katanya pula.

Ia menambahkan, menjelang Lebaran juga akan dibuat stan khusus untuk kue-kue Lebaran agar para penjual tidak menjamur di sembarang tempat dan fokus di suatu titik, sehingga tidak menimbulkan kemacetan.

"Harapannya melalui kegiatan ini dapat membantu para pelaku UMKM untuk memasarkan produknya serta menjadi peluang bagi pemilik usaha baru untuk mempromosikan produk-produk mereka," ujar dia. 
Baca juga: BI Babel fasilitasi UMKM binaan ekspor lada ke Australia dan Filipina
Baca juga: BI Babel bersama MUI mendorong pelaku UMKM urus sertifikasi halal

Pewarta: Aprionis
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023