Ketersediaan stok bulan Maret 1.532 ton, dan ketersediaan bulan April 1.532 ton.
Medan (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut) memastikan stok daging sapi di Sumut terpenuhi selama bulan suci Ramadhan hingga Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah.

Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Sumut Lies Handayani Siregar mengatakan kebutuhan daging sapi pada bulan Maret 2023 sebesar 1.272 ton dan kebutuhan bulan April 2023 sebesar 1.368 ton.

"Ketersediaan stok bulan Maret 1.532 ton, dan ketersediaan bulan April 1.532 ton," ujarnya, di Medan, Senin.

Ia juga mengatakan dalam mencapai target pihaknya melaksanakan beberapa program kerja, yaitu program pengembangan dan pelaksanaan sistem manajemen mutu benih atau bibit dan tanaman pakan ternak dan bahan pakan.

Kemudian, program pengendalian penyediaan dan produksi benih atau bibit dan hijauan pakan ternak serta program perencanaan pengembangan prasarana kawasan.

“Komoditas pertanian strategis yang dilaksanakan dalam pencapaian target tersebut, antara lain peningkatan kompetensi peternak dalam hal budi daya ternak melalui pembinaan dan pelatihan kelompok, peningkatan jumlah petugas penyuluh," katanya pula.

Pihaknya juga saat ini tengah menjalani program inseminasi sapi tahun 2023, dengan target 150.000 ekor.

"Distribusi sarana dan prasarana pendukung produktivitas ternak seperti choopperz fasilitasi pabrik pakan mini, hammer mill, viar dan HPT," katanya lagi.
Baca juga: Mentan pastikan stok sapi siap potong di Sumut dan Aceh aman
Baca juga: Bulog Sumut pastikan masih memiliki stok daging kerbau beku impor

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023