Pak Kapolri juga komitmen bahwa kami diperintahkan setiap saat mendistribusikan bantuan sosial kepada masyarakat khususnya di bulan Ramadhan
Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 2.000 paket sembako bantuan dari Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo disalurkan kepada masyarakat di kawasan pemukiman kumuh (slum area) Kota Jakarta Selatan, Rabu.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol. Dedi Prasetyo ribuan paket sembako tersebut dibagikan ke seluruh jajaran Polres Jakarta Selatan untuk selanjutnya didistribusikan kepada masyarakat penerima bantuan.

"Nantinya didistribusikan lagi sesuai arahan Kapolres kepada seluruh Polsek dan langsung diserahkan ke masyarakat di wilayah slum area, artinya kepada masyarakat yang betul-betul membutuhkan," kata Dedi.

Jenderal bintang dua itu menjelaskan, pendistribusian bantuan sosial berupa paket sembako merupakan perintah dari Kapolri untuk membantu meringankan beban masyarakat yang terdampak kenaikan harga pangan di bulan Ramadhan ini.

Tindak hanya di wilayah Jakarta Selatan, bantuan serupa juga di salurkan ke sejumlah Polda jajaran di seluruh wilayah Indonesia. Beberapa daerah yang sudah mendistribusikan bantuan tersebut, seperti Polda Metro Jaya sebanyak 7.500 paket sembako, Jawa Timur 50 ton beras dan 10 ribu paket sembako, lalu di Nusa Tenggara Timur (NTT) 5.000 paket sembako.

Baca juga: Polisi beri bantuan ke masyarakat terdampak kenaikan harga bahan pokok

Baca juga: Polisi bagikan 250 paket sembako ke warga terdampak harga BBM


"Pak Kapolri juga komitmen bahwa kami diperintahkan setiap saat mendistribusikan bantuan sosial kepada masyarakat khususnya di bulan Ramadhan," ujar Dedi.

Dengan bantuan ini, lanjut Dedi, diharapkan dapat meringankan beban masyarakat. Bantuan paket sembako akan terus disalurkan oleh Polda jajaran seluruh Indonesia.

"Bantuan ini akan terus dilakukan. Para Kapolda dan Kapolres diminta Kapolri juga mendistribusikan bantuan sosial terutama di bulan Ramadhan," paparnya.

Baca juga: Polres Madiun bagikan 1.500 sembako untuk warga terdampak kenaikan BBM

Edi (54) salah seorang warga penerima bantuan menyampaikan terima kasih kepada Kapolri atas bantuan yang disalurkannya. Baginya, bantuan tersebut sangat membantu untuk memenuhi kebutuhan hariannya yang bekerja sebagai buruh harian.

"Ini sangat membantu sekali untuk kami, apalagi saat bulan Ramadhan semuanya bahan pokok pada naik harganya. Jadi bermanfaat sekali," ucap Edi.

Edi dan warga penerima bantuan lainnya di Jakarta Selatan berharap bantuan sosial diberikan Polri terus berlanjut hingga Idul Fitri.

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2023