sejalan dengan upaya mendorong pertumbuhan ekonomi warga
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyalurkan paket pangan bersubsidi seharga Rp126 ribu terdiri dari komoditas beras, daging sapi, daging ayam, telur ayam, ikan kembung, dan susu untuk mendorong pertumbuhan ekonomi warga.

Dalam pangan bersubsidi, harga satu kilogram daging ayam dijual Rp8 ribu, satu kilogram ikan Rp13 ribu, satu baki (tray) 15 butir telur ayam Rp10 ribu, satu kilogram daging sapi Rp35 ribu, lima kilogram beras Rp30 ribu, dan satu karton atau 24 bungkus susu UHT Rp30 ribu.

"Subsidi pangan kepada masyarakat yang membutuhkan ini sejalan dengan upaya mendorong pertumbuhan ekonomi warga," kata Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono di Jakarta, Rabu.

Pemprov DKI menjadwalkan pembagian paket pangan bersubsidi sepanjang bulan Maret di 366 lokasi distribusi seluruh DKI Jakarta.

Penjualan paket pangan murah di Kelurahan Pademangan Barat, Pademangan, Jakarta Utara dipusatkan di Ruang Publik Terbuka Ramah Anak (RPTRA) Budi Mulia berhasil terdistribusi 497 paket pada Selasa (28/3).

Penerima manfaat program pangan subsidi adalah para pemegang Kartu Jakarta Pintar (KJP), Kartu Pekerja Jakarta (KPJ), Kartu Lansia Jakarta (KLJ), Kartu Penyandang Disabilitas Jakarta (KPDJ), Kartu Anak Jakarta (KAJ), petugas Penyedia Jasa Lainnya Perorangan (PJLP), guru honorer dan tenaga pendidikan non-PNS, penghuni rumah susun (rusun), serta kader Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK).

Tak hanya menyediakan paket pangan bersubsidi Rp126 ribu, Person In Charge (PIC) pangan murah bersubsidi wilayah Pademangan Barat Bella Flinski menerangkan Pemprov DKI Jakarta juga menyediakan paket pangan seharga Rp96 ribu untuk menambah pilihan berbelanja bagi pemegang KAJ, Kartu Lansia, Kartu Prakerja, Dasawisma, serta PJLP.

Selanjutnya, pengambilan program pangan bersubsidi Pemprov DKI Jakarta akan dilanjutkan kembali pada Rabu (29/3) di dua RPTRA lain yaitu RPTRA Sunter Jaya Berseri dan RPTRA Mutiara Marunda.

Pemprov DKI Jakarta juga menyalurkan program bantuan pangan bersubsidi ini hingga ke pulau-pulau yang ada di Kabupaten Kepulauan Seribu
melalui PT Food Station Tjipinang Jaya (FSTJ), Perumda Pasar Jaya dan Perumda Dharma Jaya.

Selain di RPTRA, Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian DKI Jakarta juga memastikan warga penerima manfaat pangan bersubsidi dapat melakukan transaksi di sejumlah tempat seperti gerai di kelurahan, gerai di kecamatan, JakGrosir, JakMart, Mini DC dan gerai pasar Pasar Jaya.
Baca juga: Harga sejumlah bahan pangan di Jakarta naik pada pekan pertama puasa
Baca juga: Pemkot Jakbar buka opsi operasi pasar selama Ramadhan
Baca juga: Harga cabai di pasar Jakarta Selatan capai Rp80.000 per kg

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023