Kendari (ANTARA) - Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Kendari memborong jajanan buka puasa atau takjil dari pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang ada di kawasan Kelurahan Lapulu dan Kendari Caddi, Kota Kendari, lalu dibagikan kepada masyarakat.

Komandan Lanal Kendari Letkol Laut (P) Abdul Kadir Mulku Zahari di Kendari, Rabu, mengatakan aksi memborong dagangan takjil yang kemudian dibagikan secara gratis kepada masyarakat yang melintas di daerah tersebut merupakan upaya membantu pemerintah dalam menggeliatkan pelaku UMKM.

"Ini (gerakan memborong takjil buka puasa) masih dalam rangka mendukung program pemerintah yaitu mencegah inflasi," katanya di sela memborong dagangan dari pelaku UMKM yang adi kawasan Teluk Kendari, Kelurahan Lapulu, Kecamatan Abeli.

Komandan Lanal Kendari bersama seluruh perwira staf dan Jalasenastri atau organisasi para istri prajurit di Pangkalan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (Lanal) Kendari menyisir para pedagang yang menjual di kawasan masuk Jembatan Teluk Kendari atau Jembatan Bahteramas di Kelurahan Lapulu.

Baca juga: Melihat kepadatan warga di lokasi penjualan takjil di Jakarta Timur

Baca juga: Sambal khas Oen Peugaga paling diburu masyarakat Aceh saat Ramadhan


Para prajurit Jalasena di Lanal Kendari memborong setiap dagangan takjil di sepanjang jalan kawasan tersebut. Usai membayar, prajurit TNI AL lalu memasang selebaran kertas bertuliskan gratis.

Selanjutnya, para prajurit TNI AL Lanal Kendari berteriak menawarkan jajanan buka puasa gratis yang telah diborong di antaranya es buah, pisang ijo, dan aneka kue kepada pengendara yang melintas. Tak berselang lama para pengendara berhenti seketika lalu menyerbu setiap pedagang untuk mendapatkan buka puasa.

Selain pengendara, masyarakat yang berada di lokasi tersebut turut berebutan untuk mendapatkan takjil buka puasa yang telah diborong Lanal Kendari.

"Beberapa saat yang lalu saya lewat di sini (kawasan masuk Jembatan Teluk Kendari) dan melihat jajanan mereka banyak yang tidak dibeli, akhirnya saya berinisiatif beserta seluruh perwira dan ibu-ibu Jalasenastri bagaimana kita beli kemudian kita menggratiskan kepada siapapun yang lewat di sini," ujar Danlanal.

 
Sejumlah warga saat berbondong-bondong untuk mendapatkan takjil buka puasa gratis di kawasan masuk Jembatan Teluk Kendari di Kelurahan Lapulu, Kecamatan Abeli, Kota Kendari, usai diborong oleh Lanal Kendari, Rabu (29/3/2023). (ANTARA/Harianto)




Aksi borong dagangan takjil buka puasa lalu dilanjutkan Lanal Kendari di sepanjang jalan mulai di kawasan arah masuk Jembatan Teluk Kendari Kelurahan Lapulu hingga menuju Jembatan Kuning Kendari di Kelurahan Bungkutoko.

Tak sampai di situ, Lanal Kendari melanjutkan memborong sejumlah takjil buka puasa di sepanjang jalan di kawasan Jembatan Kelurahan Kendari Caddi. Lalu mengajak pengendara hingga masyarakat sekitar untuk mengambil sendiri sesuai selera masing-masing.

"Harapan saya dengan adanya kegiatan memborong takjil ini penggiat UMKM dapat terbantu. Paling tidak mereka sebelum buka puasa di rumah, mereka sudah bisa mendapatkan hasil dari penjualannya, kemudian bisa membantu perekonomian keluarga mereka," ucap Danlanal Kendari yang merupakan alumnus SMAN 4 Kendari.

Lian (42) salah satu pedagang yang menjual jajanan takjil buka puasa di kawasan masuk Jembatan Teluk Kendari di Kelurahan Lapulu mengaku sangat bersyukur karena jualannya telah habis diborong oleh TNI AL di Lanal Kendari.

Dirinya menawarkan dagangan takjil buka puasa di antaranya pisang ijo dan es buah di kawasan tersebut mulai pukul 10.00 WITA hingga menjelang buka puasa.

"Alhamdulillah, saya bersyukur dagangan saya diborong sama TNI Angkatan Laut. Tadi ada 28 gelas yang diborong, totalnya Rp140.000. Biasanya saya menjual dari jam 10 pagi sampai sore mau buka puasa, tapi tadi tidak sampai satu jam sudah habis," kata Lian.*

Baca juga: BPOM : Jajanan takjil di Bengkulu aman dari bahan berbahaya

Baca juga: Warga non-Muslim Bandung berbagi takjil ke pengguna jalan raya

Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023