Ragam peristiwa hukum mewarnai pemberitaan nasional Rabu (29/3) kemarin.
Jakarta (ANTARA) - Ragam peristiwa hukum mewarnai pemberitaan nasional Rabu (29/3) kemarin, mulai dari Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD menyebut transaksi Rp349 triliun melibatkan entitas ASN Kemenkeu hingga Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) kembali berulah di Papua.

Berikut lima berita hukum kemarin yang dirangkum ANTARA:

1. Mahfud: Transaksi Rp349 triliun libatkan 491 entitas ASN Kemenkeu

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyebut ada 491 entitas aparatur sipil negara (ASN) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) yang terlibat dalam dugaan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) senilai Rp349 triliun.

"Yang terlibat di sini jumlah entitas dari Kemenkeu 491 orang," kata Mahfud dalam Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) bersama Komisi III DPR RI, di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (29/3) malam.

Selengkapnya di sini

 

2. Mahfud MD duga bawahan Sri Mulyani tutupi data transaksi Rp349 triliun

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menduga Menteri Keuangan Sri Mulyani tidak mendapatkan data valid mengenai transaksi mencurigakan senilai Rp349 triliun di Kementerian Keuangan akibat ditutupnya akses data oleh bawahan Menkeu.

"Dari keterangan Ibu Sri Mulyani tadi saya ingin jelaskan fakta bahwa ada kekeliruan pemahaman dan penjelasan karena ditutupnya akses yang sebenarnya dari bawah sehingga apa yang beliau jelaskan tadi adalah data yang diterima tanggal 14 ketika bertemu dengan Pak Ivan," kata Mahfud dalam Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) bersama Komisi III dan Komite Nasional Pencegahan dan Pemberantasan TPPU di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu.

Selengkapnya di sini

 

3. Ini daftar tujuh kapolda yang dimutasi

Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo melakukan mutasi kepada 473 personelnya, tujuh di antaranya adalah kepala kepolisian daerah (kapolda).

Dalam surat telegram Kapolri ST Nomor/713/III/KEP./2023 yang diterima di Jakarta, Rabu, ketujuh kapolda yang dimutasi adalah Kapolda Metro Jaya, Kapolda Jawa Barat, Kapolda Lampung, Kapolda Kalimantan Barat, Kapolda Sulawesi Tengah, Kapolda Gorontalo, dan Kapolda Sulawesi Tengah.

Selengkapnya di sini

 

4. Kemenkumham pastikan tidak ada kampung khusus WNA di Bali

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bali Anggiat Napitupulu memastikan tidak ada kampung khusus warga negara asing (WNA) di Bali karena yang ada hanya beberapa vila di kawasan tertentu dihuni mayoritas oleh orang asing.

Dengan demikian, dia menegaskan bahwa kabar ada kampung khusus WNA di Bali tidak benar.

Selengkapnya di sini

 

5. KKB tembaki kantor kodim persiapan dan bakar rumah guru di Gome

Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri mengakui adanya laporan terkait kekerasan yang dilakukan KKB di kawasan Gome, Kabupaten Puncak, Papua Tengah.

Dari laporan yang diterima terungkap sebelum membakar rumah guru, Selasa (28/3), KKB terlebih dahulu menembaki Kodim persiapan.

Tidak ada korban jiwa dalam aksi yang dipimpin Jelek Waker dan Numbuk Telenggen, kata Kapolda Papua di Jayapura, Rabu.

Selengkapnya di sini

 

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023