IMI nilai rencana penghapusan mata pelajaran IPA tidak tepat
Jakarta (ANTARA News) - Indonesia Maritime Institute (IMI) menilai rencana Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang akan menghapuskan mata pelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) bagi siswa SD pada kurikulum pendidikan dasar tidak tepat, karena IPA sangat diperlukan bagi pengembangan SDM siswa.

"Bagi kami mata pelajaran IPA untuk siswa tingkat SD akan memberikan pemahanan dasar tentang alam dan proses pembentukannya, terutama tentang laut bagi Indonesia yang vital karena 75 persen wilayahnyanya laut," kata Dirketur Eksekutif IMI, Y Paonganan kepada pers di Jakarta, Sabtu.

Paonganan menegaskan pendidikan usia dini sangatlah efektif untuk menumbuhkan rasa cinta pada laut dan alam secara umum, dan hal itu akan menjadikan anak Indonesia mengenal alam dan lingkungan dimana mereka hidup.

"Mata pelajaran IPA juga memberikan pemahaman dasar tentang sains dan teknologi sehingga nantinya mereka akan menjadi manusia unggul yang siap ciptakan teknologi untuk kemajuan bangsa Indonesia," katanya.

Oleh karena itu, IMI menolak upaya Kemendikbud yang berencana menghapuskan mata pelajaran IPA pada kurikulum pendidikan dasar karena wacana tersebut bertolak belakang dengan kondisi alam Indonesia, demikian Paonganan.(*)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2012