Pemerintah telah menyelesaikan proyek akses sanitasi layak dan aman hingga 80,92 persen layak, termasuk 10,16 persen aman
Jakarta (ANTARA) - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Monoarfa mengungkapkan tiga capaian proyek pemerintah di bidang infrastruktur perumahan dan pemukiman dari 2020 hingga 2022.

"Capaian pertama ialah proyek satu juta rumah susun perkotaan. Dalam periode dua tahun tersebut (2020-2022), terdapat 12.603 unit rumah susun sewa yang telah terbangun dan terdapat 302.433 rumah susun milik yang sudah terbangun," kata dia usai menghadiri rapat bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono seperti dikutip dari Instagram @suharsomonoarfa di Jakarta, Jumat.

Untuk capaian kedua adalah proyek akses air minum perpipaan sebanyak 10 juta sambungan rumah. Menurut Suharso, telah terbangun 3,63 juta sambungan rumah guna mengakses air.

Terakhir, pemerintah telah menyelesaikan proyek akses sanitasi layak dan aman hingga 80,92 persen layak, termasuk 10,16 persen aman.

"Kolaborasi dan koordinasi merupakan kunci berhasilnya proyek-proyek yang sedang dilakukan pemerintah. Rapat koordinasi memudahkan kita mengidentifikasi masalah-masalah apa yang menyebabkan belum tercapainya sebuah proyek sesuai dengan target yang ditetapkan," ucapnya.

Sementara itu, dalam keterangan resminya, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyatakan bahwa pemerintah menempatkan air sebagai prioritas utama pembangunan.

"Pemerintah Indonesia telah menyelaraskan target Sustainable Development Goals (SDGs) dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024 untuk mewujudkan 100 persen akses air minum dan sanitasi. Saat ini, capaian cakupan layanan air minum telah mencapai 91,05 persen dan peningkatan akses sanitasi sebesar 80,92 persen," ujar Basuki.

Baca juga: Suharso bersama Menteri Kelautan dan Kepala Staf AL bahas SKPT Natuna
Baca juga: Suharso ungkap lima arah kebijakan tingkatkan SDM berkualitas
Baca juga: Pemerintah rumuskan naskah akademik RUU RPJPN 2025-2045


Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2023