Jadwal kapal ini juga untuk melayani aktivitas mudik masyarakat saat Idul Fitri
Ambon (ANTARA) - PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) Cabang Ambon telah mengeluarkan jadwal pelayaran kapal rute Ambon-Tual dan Jayapura untuk melayani masyarakat yang mudik pada Idul Fitri 1444 Hijriah.

"Jadwal kapal ini juga untuk melayani aktivitas mudik masyarakat saat Idul Fitri," ujar Kepala Operasional Pelni Cabang Ambon, Mohammad Assegaf saat dihubungi di Ambon, Jumat.

Untuk Kapal Motor (KM) Tidar dari Ambon pada 3 April 2023 pukul 12.00 WIT dengan tujuan Tual tiba pada 4 April pukul 07.00 WIT, Dobo tiba pukul 17.00 WIT, Kaimana tiba pada 5 April pukul 04.00 WIT dilanjutkan tujuan Fak-Fak tiba pukul 15.00 WIT.

Kemudian KM Tidar akan membawa penumpang dari Fak-Fak menuju Sorong dengan waktu tiba 6 April pada pukul 08.00 WIT.

Setelah itu mapal akan melanjutkan perjalanan dari Sorong ke Manokwari tiba pada 7 April pukul 03.00 WIT, lalu ke Nabire tiba di hari yang sama pukul 14.00 WIT, dilanjutkan kapal kembali ke Manokwari pada 8 April pukul 03.00 WIT dan setelah itu kapal bertolak ke Sorong dan tiba pukul 19.00 WIT.

Baca juga: Pelni siapkan KM Dobonsolo sebagai armada mudik gratis

Baca juga: Pelni Manokwari siapkan sembilan kapal layani mudik Lebaran 2023


Assegaf mengatakan pihaknya akan melakukan rekayasa penambahan kapal untuk diperbantukan mengangkut penumpang saat arus mudik dan arus balik Idul Fitri 1444 Hijriah.

Kemudian pihaknya juga akan membuat permohonan dispensasi kepada Kementerian Perhubungan agar diperbolehkan mengangkut penumpang 20 persen melebihi kapasitas awal.

Sementara itu satu unit kapal putih memiliki kapasitas tampung untuk 3.000 penumpang.

Sebelum kapal diberikan dispensasi kelebihan penumpang, akan dilakukan survei ke kapal untuk menentukan lokasi mana yang bisa ditempati oleh penumpang non tempat duduk.

"Seperti tahun-tahun sebelumnya kami akan melakukan rekayasa penambahan kapal untuk diperbantukan guna melayani pelayaran ke arah Jawa, karena kalau arus mudik Idul Fitri biasanya dari Maluku sendiri lebih padat ke arah sana," katanya.

Baca juga: Pelni keluarkan jadwal kapal Ambon-Jakarta untuk mudik Idul Fitri

Baca juga: Tiga kapal Pelni Denpasar jalani perawatan perkuat angkutan Lebaran

Baca juga: Pelni kirim KM Dobonsolo bantu arus mudik via jalur Ciwandan-Panjang

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023