sangat berperan efektif meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan nusantara maupun mancanegara.
Yogyakarta (ANTARA News)- Event budaya di kabupaten dan kota di Daerah Istimewa Yogyakarta terbukti efektif meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan, karenanya harus ditingkatkan jumlah maupun kualitasnya, kata Kepala Seksi Promosi Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta, Putu Kertiyasa.

"Dengan adanya event budaya terbukti sangat berperan efektif meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan nusantara maupun mancanegara. Untuk itu harus selalu dijaga dan ditingkatkan kualitasnya," katanya, di Yogyakarta, Selasa.

Event budaya yang berperan sebagai lahan promosi masing-masing objek pariwisata di Yogyakarta, kata dia, berfungsi menjadikan masyarakat yang tidak tahu menjadi tahu akan objek wisata yang baru atau belum populer.

"Misalnya saja Objek Wisata Gua Pindul di Kabupaten Gunung Kidul, tadinya jarang yang tahu sekarang menjadi banyak yang tahu karena dipromosikan dengan penyelenggaraan event budaya berupa atraksi wisata di lokasi setempat,"katanya.

Putu mengatakan, selain menarik jumlah kunjungan, penambahan event budaya tersebut juga berpengaruh terhadap lama tinggal wisatawan di Yogyakarta.

Jumlah event budaya di masing-masing objek wisata di kabupaten dan Kota Yogyakarta, kata dia, rata-rata dilakukan sebanyak 34 kali per tahun dan pada 2013 diupayakan ditingkatkan.

"Kami akan meningkatkan jumlah serta kualitas event-event budaya masak tiap tahun selalu sama, misalnya pada 2013 sudah ada rencana event baru yaitu fesitaval "karnaval andong" yang akan dikoordinasikan dengan para petani"kata Putu.

Staf Sub Bagian Program dan Informasi Dinas Pariwisata DIY, Diyatmiko mengatakan jumlah wisatawan nusantara maupun mancanegara pada pada periode Januari-Juni 2012 meningkat signifikan dibandingkan dengan periode yang sama 2011.

Menurut data statistik yang dihimpun Dinas Pariwisata DIY, dia menyebutkan, jumlah wisatawan mancanegara pada periode Januari-Juni 2012 meningkat 33,56 persen yaitu sebanyak 93.219 orang, dibanding periode yang sama 2011 sebanyak 69.798 orang.

Sementara untuk wisatawan nusantara, lanjut dia, pada periode Januari-Juni 2012 meningkat 65,76 persen yaitu sebanyak 1.097.922 orang dibanding periode yang sama 2011 yang hanya mencapai 662.339 orang.
(ANTARA)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2012