Jakarta (ANTARA) - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyatakan akan mempersiapkan mobile internet di Golo Mori, Nusa Tenggara Timur (NTT), yang menjadi tempat  Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara (ASEAN).

"Nanti akan ada mobile internet yang akan disediakan oleh Telkomsel,” kata Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) pada kementerian itu, Usman Kansong, dalam keterangannya di Jakarta, Minggu.

Usman mengatakan mobile internet dipersiapkan untuk memperluas jangkauan dan meningkatkan kualitas jaringan internet di daerah tersebut.

Saat ini Telkom Group sedang meningkatkan kapasitas dan kualitas Base Transceiver Station (BTS) di Golo Mori dan Labuan Bajo.

"Upgrade diharapkan akan selesai pada minggu kedua bulan April," kata Usman.

Dia mengaku tidak menemui kesulitan dalam mempersiapkan jaringan telekomunikasi di Labuan Bajo yang pernah menjadi venue G-20 dan sudah memiliki jaringan telekomunikasi 4G serta 5G.

Baca juga: Mengenalkan Labuan Bajo ke jiran

"Yang paling penting proteksi. Jangan sampai ada kerusakan, sengaja dirusak atau tidak sengaja dirusak,” kata Usman.

Menurut situs  kementerian ini, sudah tersedia jaringan optik fiber (Fiber Optic/FO) sepanjang 3.773,73 kilometer di Labuan Bajo. Kemudian,  2.055 titik Distribusi Optikal (ODP) dan 1.635 BTS 4G dan 3 BTS 5G.

Jaringan 4G sudah menjangkau 94 persen  wilayah pemukiman, dan 78 persen wilayah Labuan Bajo.

Usman juga menyebutkan kementeriannya sudah menyiapkan rencana kontijensi dan rencana mitigasi jika terjadi sesuatu saat KTT ASEAN nanti.

“Mitigasi-mitigasi sudah disiapkan. Dan Labuan Bajo termasuk tempat yang, dari sisi bencana, relatif lebih aman dibandingkan wilayah lain,” jelas Usman.

Baca juga: Pemkot Jaksel siapkan penyapu jalan di sekitar Sekretariat ASEAN

Usman menegaskan Labuan Bajo menjadi salah satu daerah di mana Pusat Data Nasional (PDN) akan dibangun.

Kementerian Kominfo merancang empat lokasi PDN di Kawasan Deltamas Industrial Estate (Jabodetabek), Nongsa Digital Park (Batam), Ibu Kota Negara (IKN) baru di Kalimantan Timur, dan Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur.

Pada 2023, Indonesia memegang keketuaan ASEAN dengan membawa tema “ASEAN Matters: Epicentrum of Growth."

KTT ASEAN 2023 akan dilaksanakan dua kali, pada Mei di Labuan Bajo dan September di Jakarta.

Indonesia mengangkat isu prioritas dalam keketuaan ASEAN 2023,  yaitu pemulihan dan pembangunan kembali, ekonomi digital, dan  pembangunan berkelanjutan.

Baca juga: Kapolda pastikan kapal patroli yang baru bantu pengamanan KTT ASEAN

Pewarta: Cindy Frishanti Octavia
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2023