Palangka Raya (ANTARA) - Anggota DPR RI Agustiar Sabran mengapresiasi kinerja Polda Kalteng yang selama ini terbilang sukses menjaga keamanan dan ketertiban (kamtibmas) di provinsi setempat.

"Kinerja Polda Kalteng selama dipimpin Irjen Pol. Nanang Avianto sangat baik. Selain kamtibmas terjaga dengan baik, tindak kejahatan yang menonjol juga jarang terjadi di wilayah hukumnya," kata Agustiar Sabran saat dihubungi di Palangka Raya, Minggu.

Selain kamtibmas dan tindak kriminal yang menonjol dapat ditekan, dia menilai Polda Kalteng terbilang sukses dalam mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang beberapa tahun ini tidak terjadi di provinsi tersebut.

Meskipun karhutla sempat terjadi di beberapa kabupaten, menurut dia, kejadian tersebut tidak terlalu besar dan dapat diantisipasi pihak kepolisian dan pemkab serta masyarakat yang berada di sekitar.

"Maklumat Kapolda Kalteng terkait dengan karhutla sangatlah membantu mencegah terjadinya karhutla yang dilakukan oleh oknum masyarakat dan perusahaan yang disengaja. Buktinya pada tahun ini daerah ini bebas dari bencana karhutla," katanya.

Kakak kandung Gubernur Kalteng Sugianto Sabran itu menegaskan bahwa hal tersebut berkat berkolaborasinya sejumlah pemangku kepentingan, baik TNI/Polri, pemprov, maupun masyarakat.

Dengan berkolaborasi selama ini, lanjut dia, tentunya hal-hal yang dapat merugikan daerah tidak akan terjadi. Meskipun karhutla terjadi, hal tersebut dapat segera diantisipasi bersama.

"Insyaallah, pada tahun ini karhutla bisa ditangani, apalagi pemprov, Korem 102 Panju Panjung, Polda Kalteng, dan sejumlah stakeholder lainnya sudah melakukan pelatihan dan melakukan mitigasi mana saja bencana yang harus diantisipasi," ucapnya.

Agustiar Sabran mengatakan bahwa saat ini Pemprov Kalteng bersama sejumlah instansi lainnya juga melakukan action dengan cara memberikan bantuan penanganan dampak banjir yang terjadi di Kabupaten Kapuas.

"Semoga saja musibah banjir yang terjadi di Kabupaten Kapuas segera surut sehingga aktivitas masyarakat di daerah setempat bisa normal seperti sediakala," demikian Agustiar Sabran.

Baca juga: Anggota DPR RI ajak masyarakat sukseskan Pemilu 2024
Baca juga: Anggota DPR RI ajak masyarakat jaga kerukunan umat beragama di Kalteng

Pewarta: Adi Wibowo
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2023